Finance

Hingga November 2021, Penyaluran Kredit TaniFund Tembus Rp 397,62 Miliar

Sumber gambar: 123rf.com

Platform peer-to-peer (P2P) lending agrikultur, TaniFund berhasil menyalurkan kredit kepada nasabah sebesar Rp 397,62 miliar. Jumlah tersebut disalurkan kepada 5.000 nasabah di seluruh Indonesia sejak awal berdiri pada tahun 2017 hingga 23 November 2021.

“Saat ini, sebagai platform P2P lending, TaniFund telah memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah didapatkan. Sehingga, kinerjanya diawasi pemerintah dengan baik dan menjamin keamanan para nasabah,” ujarChief Executive Officer (CEO) TaniFund Pamitra Wineka Pamitra melalui keterangannya, Rabu (23/11/2021).

Menurutnya, untuk memberikan pembinaan kepada para petani, peternak dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), TaniFund bakal terus melakukan ekspansi bisnis. Terutama dalam menyasar para pelaku UKM yang belum mendapatkan akses permodalan oleh perbankan maupun lembaga keuangan lain.

Terbaru, Pamitra menyebut, ekspansi bisnis dilakukan dengan menggaet kerja sama perusahaan rintisan (startup) aquaculture intelligence, eFishery. Melalui kolaborasi itu, TaniHub bakal menyalurkan kredit modal kerja dengan loan book sebesar Rp 200 miliar kepada para mitra eFishery. Tidak hanya membantu dalam permodalan, TaniFund juga akan mendukung upaya penyerapan pasar dengan memberikan referensi proyek-proyek budidaya perikanan kepada eFishery.

“Akses permodalan tersebut juga menjadi upaya untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia. Dengan kolaborasi ini, kami yakin misi inklusi keuangan dan ketahanan pangan dapat diwujudkan lebih baik lagi dengan memperluas jangkauan di sektor perikanan,” kata dia.

Sementara itu, Chief Strategy Officer TaniHub Natalia Rialucky Marsudi berharap, adanya kerja sama dan peran swasta yang lebih banyak dapat meningkatakan kesejahteraan petani. Pelaku UKM yang belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan lain dapat memanfaatkan layanan ini untuk mengakses modal.

“Dengan adanya kolaborasi bersama eFishery, kami mempunyai harapan besar untuk menjangkau sektor perikanan dan menyalurkan pinjaman produktif kepada mitra eFishery melalui platform TaniFund, sehingga kesejahteraan para pembudidaya ikan dapat meningkat,” tuturnya.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top