Government & Public Services

Honesti Basyir Terpilih Sebagai Marketeer of The Year 2020

Selama setahun terakhir, nama PT Bio Farma (Persero) menjadi perbincangan di banyak kalangan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Pasalnya, banyak orang menaruh harapan pada perusahaan milik negara ini, khususnya dalam pengembangan vaksin COVID-19. Vaksin inilah yang diklaim sebagai game changerdan jawaban atas segala masalah yang diakibatkan oleh COVID-19. 

Pada tahun-tahun sebelumnya, mungkin banyak orang tidak tahu kalau salah satu BUMN Indonesia memiliki pamor kuat di pasar vaksin internasional. Dunia melalui perwakilan badan dunia World Health Organization (WHO) dan lembaga-lembaga farmasi internasional mengakui Bio Farma sebagai perusahaan yang memiliki kompetensi, sumber daya manusia, serta teknologi dalam pengembangan vaksin. Bahkan, Bio Farma menguasai 75% pangsa pasar vaksin polio di dunia. Artinya, sebagian besar vaksin polio diproduksi oleh Bio Farma. 

Oktober lalu, perusahaan yang berdiri pada tahun 6 Agustus 1890 ini terpilih sebagai salah satu potential drug manufacturer (PDM) oleh lembaga Internasional Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI) untuk memproduksi vaksin COVID-19. Hal ini membuat saham anak-anak perusahaan Bio Farma seperti PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indofarma Tbk. melonjak selama proses uji klinis fase 3. 

Selain itu, masih di tengah wabah COVID-19, sebagian negara terkena wabah polio baru. WHO merekomendasikan vaksin nOPV2 yang dikembangkan Bio Farma untuk penggunaan darurat guna mengatasi tingginya kasus strain polio di sejumlah negara di Afrika, Mediterania Timur, Pasifik Barat, dan Asia Tenggara. Ini bukti bahwa Bio Farma memiliki brand reputation tinggi di dunia internasional. 


Kesuksesan Bio Farma selama setahun terakhir tidak lepas dari peran Honesti Basyir selalu Chief Executive Officer. Sejak bergabung dengan Bio Farma pada September 2019, Honesti langsung melakukan transformasi agar holding farmasi ini bisa memiliki kinerja yang gesit. Saat pandemi melanda, dengan sigap, Honesti memanfaatkannya sebagai momentum untuk menunjukkan kompetensi-kompetensi Bio Farma kepada khalayak luas. Ia mengatakan, Bio Farma itu ibarat mutiara terpendam. 

Atas prestasi selama setahun terakhir inilah, MarkPlus, Inc. memberikan penghargaan Marketeer of The Year 2020 kepada Honesti Basyir. Penghargaan ini diberikan saban tahun kepada para pemasar yang dalam periode setahun telah melakukan hal-hal yang berdampak pada perusahaan, industri, dan masyarakat luas. Pada masa pandemi, penghargaan diberikan pada pemasar yang mampu menunjukkan CI-EL atau Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership. Penghargaan ini diberikan dalam The 15th Annual MarkPlus Conference 2021 yang digelar secara omni pada Rabu (9/12/2020). 

“Marketeer of The Year 2020 bukan apresiasi atas CI-EL yang sudah terjadi di masa lampau, tapi CI-EL yang khusus terjadi pada tahun 2020. Dengan memanfaatkan reputasi sebagai perusahaan vaksin terbesar Asia Tenggara dan salah satu pemain vaksin terkemuka dunia, Bio Farma memanfaatkannya untuk memastikan bahwa salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia siap dengan vaksinasi menghadapi COVID-19,” ujar Taufik, Deputy Chairman, MarkPlus, Inc. Sekaligus anggota dewan juri Marketeer of the Year. 

Menurutnya, reputasi dan hubungan dengan pemain vaksin dunia lainnya, baik yang punya teknologi dan bahan baku tertentu yang sudah terjalin berhasil dikembangkan oleh Bio Farma, di saat hampir semua pemain vaksin dan farmasi dunia ingin mengamankan ketercukupan vaksinasi di negaranya masing-masing terlebih dulu. 

“Bio Farma yang dipimpin oleh Honesti bukan hanya berperan besar bagi bangsa dalam menghadapi COVID-19 tapi mengharumkan nama bangsa. Sebuah inspirasi dari sebuah perusahaan yang sudah lama punya prestasi dunia, memanfaatkan momentum pandemi untuk memastikan Indonesia jadi salah satu pemeran pada saat dunia menghadapi wabah COVID-19,” kata Taufik. 

MARKETEERS X








To Top