Technology

Huawei Ungguli Samsung pada Penjualan Smartphone

SUMBER: 123RF

Huawei sukses menjual lebih banyak ponsel pintar ke seluruh dunia dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Hal tersebut diketahui berdasarkan riset Canalys sepanjang April hingga Juni 2020. Pencapaian ini membuat Huawei berhasil melampaui Samsung sebagai penjual ponsel pintar terbanyak di dunia.

Namun, posisi tersebut masih bisa berubah dalam waktu yang cepat. Hasil penjualan ponsel pintar Huawei yang melonjak jelas dipengaruhi situasi pandemi saat ini. Lebih dari 70% perangkat Huawei terjual di China.

Dalam laporan Canalys disebutkan 55,8 juta ponsel pintar Huawei terjual selama April hingga Juni. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 5% jika dilihat secara year-on-year. Berbanding cukup jauh dari Samsung yang mengalami penurunan tinggi yaitu 30%.

“Bisnis kami menunjukkan ketahanan berbeda di situasi sulit. Kami terus tumbuh dan memberikan inovasi produk serta pengalaman kepada konsumen di tengah pelambatan ekonomi dunia dan tantangan-tantangan yang ada,” jelas perwakilan Huawei dilansir dari The Verge.

Senior Analyst Canalys Ben Stanton menjelaskan bahwa hasil penjualan ini masuk akal dan bisa diprediksi. “Hal ini tidak akan terjadi tanpa COVID-19. Huawei telah mendapatkan keuntungan dari pemulihan ekonomi China lewat bisnis ponsel pintar,” ujar Stanton.

Terlepas dari inovasi dan kemajuan fitur yang ditawarkan. Produk ponsel dari Huawei sulit dipasarkan di luar China karena diblokirnya akses layanan Google. Kendati demikian, Huawei tampaknya akan tetap melanjutkan dominasi di pasar China, sedangkan Samsung siap meningkatkan penjualan mereka pada kuartal berikutnya dengan peluncuran produk unggulan terbaru Agustus ini.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top