Automotive

Hyundai Palisade, SUV Mewah Di Bawah 1 Miliar Yang Patut Diperhitungkan

Hyundai Palisade
Foto: Hyundai Palisade - Marketeers

Di akhir tahun 2020 Hyundai memperkenalkan SUV mewah pertamanya di Indonesia yaitu Hyundai Palisade. Mobil yang diposisikan satu tingkat di atas Santa Fe ini memiliki harga termurah yakni Rp 777 juta dan termahal Rp 1,078 miliar. Dari harga yang ditawarkan, Palisade diposisikan sebagai SUV premium Hyundai. Beruntung beberapa waktu lalu, tim Marketeers diberi kesempatan untuk mencoba mobil untuk beberapa hari.

Impresi awal ketika melihat mobil ini adalah kesan gagah dipancarkan dari sisi eksterior yang tidak seirama dengan bagian interior yang sangat homey. Aura gagah tersebut dengan mudah terlihat dari penggunaan lampu DRL LED yang memanjang hingga bumper depan. Selain itu, penggunaan grill besar dengan bahasa desain Hyundai yang futuristik juga menjadi nilai tambah untuk bagian fascia ini.

Berlanjut ke bagian samping, velg berukuran 18-inchi membuat Palisade semakin terlihat gagah secara keseluruhan. Sentuhan ornament chrome yang dipadukan dengan beberapa aksesori dengan finishing aluminium semakin membuat SUV asal Negeri Gingseng ini terlihat menawan.

Masuk ke kabin Palisade, kenyamanan dan kemewahan ditunjukkan di hampir seluruh baris dari mobil tujuh penumpang ini yang dilengkapi teknologi. Mulai dari kursi di baris pertama dan kedua yang dilengkapi dengan fungsi pendingin dan pemanas. Lalu ada AC triple zone, dua zona di depan dan satu zona di tengah menemani dua kursi captain seat.

Di barisan ketiga, fitur-fitur kenyamanan tetap diperhatikan meski tidak seperti baris pertama dan kedua. Kursi berbalut Nappa Leather, ruang kaki yang luas dan langit-langit yang cukup tinggi, ditambah port USB, dan compartment penyimpanan yang tersebar bisa didapat dengan sama baiknya di setiap baris mobil ini. Kemewahan bertambah kental dengan adanya lapisan kulit lembut di door trim, dashboard, hingga stir, balutan bahan suede berwarna hitam di bagian plafon yang berpadu manis dengan sunroof di bagian depan dan panoramic roof di baris kedua.

Di samping penggunaan material interior yang tergolong premium, SUV ini menyuguhkan kecanggihan lewat fitur-fitur yang ada. Fitur-fitur ala mobil mewah seperti perpindahan transmisi secara elektrik, electric parking brake, wireless charging sudah menjadi standar dalam SUV yang memiliki panjang hampir lima meter ini.

Di unit tes kali ini, kami berkesempatan untuk mengendarai Hyundai Palisade bermesin CRDi VGT berkapasitas 2.2 liter diesel non-AWD dengan harga Rp 888 juta. Ketika menginjakkan pedal gas pertama kali, respon yang diberikan sangat di luar ekspektasi. Pasalnya, dengan sentuhan sedikit di pedal gas mobil ini bisa dikatakan sangat responsif mengingat saat itu mode berkendara yang digunakan adalah comfort.

Respons mesin makin beringas ketika mode berkendara diubah ke mode sport, karena dalam mode sport raungan mesin lebih cepat naik namun kenyamanan tetap terasa di dalam kabin. Dua mode berkendara ini menemani dua mode lainnya, yakni eco untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar, dan smart yang akan merekam karakter pengemudi dalam menjalankan Palisade.

Pengalaman menginjakkan pedal seperti yang tertulis di atas bisa terjadi lantaran Hyundai Palisade menggunakan mesin yang mampu memproduksi tenaga 202 PS pada 3.8000 rpm dan mampu mengeluarkan torsi besar yaitu 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm.

Satu hal yang memberikan kenyamanan lebih ketika mengendarai mobil ini adalah lingkar kemudi atau stirnya yang sangat enteng untuk diajak bermanuver. Kenyamanan di dalam kabin juga ditunjang oleh kekedapan kabin yang bisa diacungi dua jempol. Untuk urusan keamanan, SUV berlogo ‘H’ ini tak perlu diragukan lagi, karena mobil ini sudah dilengkapi dengan Blind-Spot Collision Warning (BCW), Safe Exit Assist, 6 Airbag, Front / rear parking distance warning, dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).

Mengedepankan sisi kenyamanan bagi pengemudi dan seluruh penumpang, Hyundai Motors Indonesia (HMID) membidik segmen konsumen SUV yang ingin menikmati perjalanan di perkotaan atau perjalanan panjang panjang antarprovinsi. Bukan penikmat medan ekstrim, seperti medan off-road atau jalanan penantang adrenalin lainnya.

Untuk menikmati ulasan berbentuk video, Anda bisa memutar video berikut ini atau mengaksesnya melalui channel YouTube Marketeers TV.

MARKETEERS X








To Top