Automotive

Hyundai Produksi Pasokan Oksigen untuk Pasien Kritis COVID-19

SOURCE: Hyundai

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengumumkan komitmennya untuk membangun fasilitas produksi oksigen di area pabriknya. Aksi korporasi ini merupakan bentuk keseriusan dari perusahaan dalam membantu memerangi penyebaran COVID-19. Keputusan ini juga sebagai respons terhadap ajakan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini tengah berupaya mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan memenuhi kebutuhan pasokan oksigen.

Secara khusus, mengingat urgensi dari kondisi saat ini, HMMI aktif mencanangkan ide untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas yang ada untuk memasok oksigen untuk kebutuhan medis. Hyundai Motor telah menginisiasi pembangunan fasilitas produksi oksigen senilai US$ 600 ribu dengan memanfaatkan sebagian fasilitas pabriknya yang telah dibangun.

Proses produksi oksigen yang ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Agustus ini, diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun. Jumlah tersebut dapat digunakan oleh kurang lebih 2400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton. Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir tahun 2021 dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi tersebut jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi lainnya berupa peralatan medis yang juga sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini, yakni 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai US$ 200 ribu ini akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.

Total, Hyundai Motor mengalokasikan hingga US$ 800 ribu atau sekitar  Rp 11,6 miliar yang mencakup produksi oksigen dan peralatan medis. Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM.

“Kami memiliki tujuan agar fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar untuk memproduksi mobil, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat,” ungkap Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters.

Penerima bantuan oksigen dari Hyundai Motor akan mencakup bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit. Dukungan oksigen dari Hyundai Motor ini akan diberikan secara gratis.

“Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tetapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar virus COVID-19. Selanjutnya, kami percaya bahwa Hyundai Motor dan Indonesia akan mengatasi situasi sulit ini bersama-sama,” tutup Lee.

Menanggapi hal tersebut, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan terima kasihnya kepada Hyundai Motor. Luhut juga memimpin rapat gabungan dengan kementerian terkait seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pertemuan ini mengumumkan bahwa mereka akan mendukung penuh pembangunan fasilitas produksi oksigen Hyundai Motor, termasuk dalam hal perizinan.

“Solidaritas dan persahabatan memang menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi yang berkelanjutan ini. Saya juga sangat menghargai Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini, dan memberikan bantuan ini sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia. Saya sangat percaya bahwa Hyundai Motor dengan Indonesia akan terus bersahabat dan saling membantu melewati pandemi COVID-19 ini,” ungkap Luhut.

Sejak awal pandemi COVID-19 di Indonesia, HMMI senantiasa memberikan bantuan dan kontribusi untuk menekan penyebaran COVID-19, termasuk menjadi salah satu pionir pelaksanaan rapid test drive-thru, hingga penyediaan APD untuk tenaga medis saat mengalami keterbatasan pasokan.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top