ICI 2024: Ciptakan Iklim Industri Kosmetik yang Kondusif

marketeers article
Konferensi Pers ICI 2024. Sumber: Marketeers

Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) kembali mengadakan acara Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) Expo and Seminar ke-13 pada tahun 2024. Perhelatan itu dalam rangka  mendukung dan mendorong pertumbuhan industri komestik lokal.

Acara ini mengusung tema “Innovation and Formulation Trend to Support the Rapid Growth of Indonesian Cosmetic Market” (Tren Inovasi dan Formulasi untuk Mendukung Pertumbuhan Pesat Pasar Kosmetik Indonesia).

BACA JUGA: KOSME Sediakan Maklon Kosmetik bagi Beutypreneur

Penyelenggaraan ICI 2024 tidak lepas dari tujuan Perkosmi untuk menciptakan iklim industri kosmetik yang kondusif dan mendukung semua pemangku kepentingan dalam industri ini. Pada tahun ini, Perkosmi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-47. 

Acara ini sekaligus menjadi momen penting untuk merayakan pencapaian sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam industri kosmetik. Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi menyampaikan asosiasi ini sudah lebih dari 47 tahun terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika Tanah Air, baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional. 

Perkosmi memberikan wadah bagi kemajuan semua anggota, serta dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing industri kosmetika di Indonesia.

“Acara Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo and Seminar yang kembali kami selenggarakan merupakan wujud nyata Perkosmi dalam menjembatani secara langsung pertemuan semua pemangku kepentingan dalam industri kosmetika baik pemilik merek kosmetika, industri penyedia bahan baku, kemasan, mesin, lembaga pemerintah, universitas, dan juga seluruh masyarakat yang berkaitan dengan kosmetika,” ujar Sancoyo dalam acara konferensi pers pembukaan Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) Expo and Seminar 2024, Rabu (29/5/2024).

BACA JUGA: Wardah Kenalkan Sunscreen Terbaru, Sasar Acne Fighter

Tahun ini, ICI diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan dalam dan luar negeri, menampilkan 453 stan pameran. Acara ini juga menyediakan stan tidak berbayar bagi 14 instansi pemerintah dan universitas serta 30 stan produk jadi, yang sebagian besar diwakili oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dari berbagai pengurus daerah Perkosmi.

Selain sebagai titik pertemuan para penggiat industri kosmetika di Indonesia, ICI 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti Zona Inovasi yang menampilkan bahan baku terkini termasuk bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri pinga Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran yang terdaftar.

Ada pula 26 seminar seputar industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri. Dengan penyelenggaraan ICI 2024, Perkosmi berharap dapat terus mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia.

Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri untuk berbagi pengetahuan, menjalin kemitraan, dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan daya saing produk kosmetik Indonesia di pasar global.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related