Business

IKEA Bakal Menaikkan Harga 9%, Kenapa?

Ikea menaikkan harga
Sumber gambar: 123rf.com

Raksasa furnitur asal Swedia IKEA dikabarkan bakal menaikkan harga barang-barang yang dijual di seluruh dunia sebesar 9%. Hal ini lantaran perseroan mengalami kenadala bahan baku dan biaya pengiriman yang meroket selama merebaknya pandemi COVID-19.

Chief Financial Officer (CFO) IKEA Martin van Dam mengatakan, kebijakan menaikkan harga tak dapat dihindari perusahaan agar dapat mempertahankan bisnis. Kendati demikian, ada beberapa gerai yang berada di wilayah tertentu menaikkan harga lebih dari 9% dengan mempertimbangkan tingkat inflasi.

“IKEA bakal menaikkan harga rata-rata di seluruh dunia sebesar 9% karena dampak berkelanjutan dari pandemi virus corona pada rantai pasokan dan harga bahan baku,” ujar Martin dilansir dari retaildetail.eu, Selasa (4/1/2022).

Menurut dia, salah satu gerai dengan kenaikan tertinggi yaitu toko yang berada di Irlandia dan Belgia. Di negara tersebut, IKEA menaikkan harga sebesar 11%. Sementara itu, gerai di negara lain kenaikan rata-rata di angka 9%.

Martin tak mengungkapkan sampai kapan kebijakan kenaikan harga akan dilakukan perseroan. Hanya saja, dia mengeluhkan kelangkaan bahan baku dan naiknya biaya logistic secara signifikan telah terjadi selama setahun terakhir.

“Karena krisis COVID-19 yang sedang berlangsung, kenaikan harga umum menjadi tak terelakkan. Selama setahun terakhir, harga bahan baku dan transportasi telah meroket,” Ujarnya.

Sebelumnya, IKEA sempat menyewa kapal kargo untuk mendistribusikan barang di seluruh dunia. Upaya tersebut dilakukan untuk menekan biaya logistik yang terus melonjak akibat adanya karantina wilayah (lockdown).

Perseroan menyebut merebaknya wabah berdampak pula pada perubahan perilaku konsumen. Saat ini sebagian besar konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang melakukan perjalanan.

Mereka mengklaim selama merebaknya pandemi, biaya angkut logistik menggunakan kapal laut maupun pesawat naik lima kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal. Dengan adanya penyewaan kapal kargo, IKEA pun akan melakukan diversifikasi bisnis dengan merambah dunia logistik. Perseroan nantinya akan memberikan layanan logistik dengan rute China dan Eropa.

Meski begitu, untuk jasa logistik di Eropa, IKEA akan menggunakan moda transportasi darat seperti kontainer dan menyewa kargo kereta api. Perseroan berharap dapat memecahkan masalah itu dengan membeli kontainer dan menyewa kapal.

Editor: Sigit Kurniawan

The Latest

To Top