Incar Pasar Meksiko, Potensi Produk Suku Cadang RI Capai US$ 40 Miliar

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
03 Agustus 2022
marketeers article
Ilustrasi suku cadang kendaraan, sumber gambar: 123rf
Indonesia tengah mengincar pasar Meksiko untuk memperluas penjualan produk suku cadang kendaraan. Hal ini dilakukan dengan bergabungnya produk-produk nasional dalam Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 di Mexico City.
Cheppy T Wartono, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko mengungkapkan dalam kegiatan yang berlangsung pada 13 hingga 15 Juli 2022 tersebut, produk Indonesia berhasil meraup potensi transaksi hingga US$ 4.074.200 atau setara Rp 60,6 miliar (kurs Rp 14.897 per US$).
“Melalui pameran ini, Indonesia dapat mengenalkan produk suku cadang ke pasar Meksiko. Produk Indonesia memiliki kualitas yang dapat diandalkan dan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Diharapkan produk suku cadang Indonesia dapat menembus pasar otomotif Meksiko dan Amerika Latin yang persaingannya sangat ketat,” kata Cheppy melalui keterangannya, Rabu (3/8/2022).
Menurutnya, perdagangan produk suku cadang di Meksiko merupakan salah satu yang terbesar di dunia yang mencapai US$ 40 miliar. Nilai tersebut merupakan kue yang besar yang harus dinikmati produsen suku cadang kendaraan dari Indonesia.
Cheppy menyebutkan, jika Indonesia bisa menikmati 5% hingga 10% kue tersebut, perdagangan Indonesia dengan Meksiko akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tantangannya adalah para importir suku cadang di Mexico belum mengetahui dan belum mengenal produk suku cadang kendaraan bermotor dari Indonesia.
Hal ini terbukti ketika Indonesia menawarkan ke salah satu produsen motor terbesar di Meksiko Italika melalui pertemuan virtual, hanya dipilih dua perusahaan. Ketika ada perusahaan lain dari Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran dan kami ajak ke Italia, ternyata produk-produk yang lain juga diminati.
“Hal itu membuktikan, produk Indonesia belum banyak dikenal. Ada pepatah, tak kenal, maka tak sayang. Oleh karena itu, Kedutaan Besar RI dan ITPC Mexico City berusaha mendorong perusahaan di Indonesia lebih berani masuk ke pasar Meksiko serta Amerika Tengah dan Selatan lebih agresif lagi,“ ujarnya.
Cheppy menyebut Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 yang diselenggarakan Messe Frankfurt GmbH merupakan pameran sektor otomotif terbesar di wilayah Amerika Selatan. Pameran ini telah dikunjungi oleh lebih dari 30 ribu pengunjung serta diikuti 30 negara.
Sejumlah perusahaan Indonesia berpartisipasi dalam paviliun Indonesia melalui fasilitasi ITPC Mexico City dalam pameran INA PAACE Automechanika Mexico 2022. Pertama, PT Aneka Komkar Utama (AKKU) mempromosikan produk karet dan antivibrasi baik untuk pasar OEM (Original Equipment Manufacture) maupun after sales market.
Kedua, PT Astra Otoparts yang mempromosikan produk ban untuk motor, mobil, kendaraan komersial serta baterai untuk kendaraan dan suku cadang lainnya. Ketiga, Garuda Metalindo yang mempromosikan produk pengencang (mur dan baut) untuk industri otomotif maupun industri lainnya. Keempat, PT Indoprima Gemilang yang mempromosikan produk friksi (brake pad, brake shoe, dan brake linning), gasket, maupun spring untuk industri otomotif. Selain itu, ITPC Mexico City juga menggandeng Sakura Filter Mexico selaku distributor produk filter udara merek Sakura dari Indonesia.
“Partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan ITPC Mexico City mendorong perusahaan suku cadang Indonesia memasuki pasar Meksiko dan Amerika Latin. Potensi sektor otomotif sangat besar, yaitu sekitar 4 juta kendaraan diproduksi tiap tahunnya di Meksiko. Selain itu, tentu saja Meksiko adalah pemasok utama kendaraan ke Amerika Serikat dan Amerika Latin,” tuturnya.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related