Inden Toyota Land Cruiser di Jepang Capai Empat Tahun

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
21 Januari 2022
marketeers article
Toyota Jepang mengumumkan pemesan kendaraan All New Land Cruiser harus menanti atau mengalami inden selama empat tahun, sebelum menerima unit milik mereka secara langsung. Perusahaan juga meminta maaf atas masa tunggu yang begitu lama sebelum kendaraan sport utility vehicle (SUV) flagship keluarannya itu dapat dikirimkan ke tangan konsumen.
Toyota memakai dalih tingginya animo konsumen, baik di Jepang maupun secara global, terhadap varian terbaru Land Cruiser menjadi penyebab lamanya inden tersebut. Masa tunggu pelanggan Toyota yang ingin mendapatkan unit Land Cruiser 300 sendiri sebelumnya diperkirakan mencapai setahun. Kabar ini beredar saat model anyar ini diluncurkan pada pertengahan tahun lalu.
“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mempersingkat waktu pemesanan sampai pengiriman kendaraan hingga ke tangan pelanggan. Kami sangat mengapresiasi pengertian Anda semua terkait masalah ini,” kata Toyota soal inden Land Cruiser melalui pernyataan resmi mereka dalam laman berbahasa Jepang pada Rabu (19/1/2022).
Pihak pabrikan asal Jepang itu tidak menyebutkan secara detail apakah masa tunggu ini berlaku juga pada pelanggan yang sudah memesan Toyota Land Cruiser anyarnya sejak tahun lalu. Begitu juga alasan mendetail mengenai kendala utama mereka membutuhkan waktu cukup lama untuk memproduksi, hingga mengirimkan mobil baru kepada konsumen.
Toyota All New Land Cruiser secara resmi juga telah dipasarkan di Indonesia pada Januari 2022 bersamaan dengan model anyar SUV New Fortuner pekan lalu. Model terbaru Land Cruiser ini memiliki emblem khusus pada bagian samping dan belakang bodi, sebagai penanda perayaan 70 tahun hadirnya tipe kendaraan itu pada 2021 lalu.
Toyota memasarkan All New Land Cruiser dengan dua varian di Indonesia yakni  VX-R dan GR-S dengan banderol masing-masing Rp 2,328 miliar dan Rp 2,379 miliar. Unit yang tergolong ke dalam SUV premium ini sudah dilengkapi mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346, serta sederet fitur keselamatan baru dalam paket Toyota Safety Sense (TSS).
“Toyota mengembangkan All New Land Cruiser dengan standar advance serta seusai kebutuhan berdasarkan evaluasi dari penggunaan aktual para pelanggan di seluruh dunia,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Fumitaka Kawashima kepada awak media pada Kamis (13/1) lalu.
All New Land Cruiser dan New Fortuner menjadi senjata terbaru Toyota menjaga dominasi mereka dalam pasar kendaraan model SUV di Indonesia. Model kendaraan tersebut, bahkan menyumbang kontribusi hingga 35% dari total penjualan seluruh mobil baru Toyota di Indonesia sepanjang tahun 2021.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related