Digital

Indikator Kebahagiaan Karyawan Menurut tiket.com

tiket.com

Karyawan merupakan aset sebuah perusahaan. Dengan arti lain adalah hal penting yang perlu dikelola dengan baik. Dalam menghadapi berbagai tantangan, karyawan lah yang melakukan upaya untuk menjaga operasional bisnis perusahaan bisa bertahan. Sebab itu, lingkungan kerja yang kondusif dengan memperhatikan kesejahteraan karyawan dapat mendorong karyawan bekerja dengan penuh motivasi dan mencapai tujuan perusahaan secara maksimal.

Memasuki usia yang ke-10 tahun, tiket.com berhasil menduduki peringkat ke-5 pada Happiness Index 2021 berdasarkan hasil kalkulasi Revou dengan mengumpulkan daftar perusahaan Indonesia dengan kategori most funded dari situs Tech in Asia. Kemudian dilengkapi oleh Glassdoor dan Jobstreet yang meninjau dan mengumpulkan data khusus dari pool karyawan yang berlokasi di Indonesia.

“Pencapaian ini karena tiket.com selalu mencoba menjadi perusahaan yang people-centric. Dengan nilai utama  Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself (HAPPY), tiket.com terus mendefinisikan dan memperkuat makna bekerja dan berkarya dengan kejujuran dan transparansi,” ungkapMenurut Dudi Arisandi selaku Chief People Officer tiket.com, Dudi pada siaran pers Senin, (09/08/2021).

Ia menegaskan indikator kebahagiaan karyawan pada umumnya bergantung pada beberapa faktor selain faktor lingkungan kerja, antara lain ialah gaji. Karyawan kerap menuliskan opini positif ketika kompensasi yang diterima sesuai dengan angka pasar. Dalam hal ini, tiket.com menunjukkan komitmennya dengan mempertahankan gaji tanpa pemotongan meskipun berkecimpung di sektor pariwisata yang sangat terdampak akibat pandemi.

Lalu, faktor selanjutnya adalah fasilitas. tiket.comm pun berhasil mempertahankan dengan fasilitas Flexi Wallet yang memberikan keuntungan bagi t-fam (tiket family). Fasilitas ini dapat digunakan sesuao kebutuhan seperti untuk hobi, edukasi, kesehatan, berbagai kebutuhan pekerjaan maupun berlibur menggunakan produk yang tersedia di tiket.com.

Work-life balance juga turut menjadi faktor penting bagi kebahagiaan karyawan, sehingga mereka dapat lebih baik mengatur ketegangan akibat stres. Di masa pandemi yang mengharuskan bekerja dirumah, batasan antara jam kerja dan jam pribadi kerap hilang. Fleksibilitas menjadi kunci yang membantu meningkatkan kebahagiaan karyawan di suatu perusahaan.

Terakhir adalah faktor terkait jenjang karir dan personal growth. Memaksimalkan potensi diri penting untuk mendukung jenjang karir profesional. Dengan begitu, tiket.com memberikan dukungan sepenuhnya melalui rangkaian program virtual dari Udemy dan Coursera. Bahkan,  t-fam, sapaan karyawan tiket.com dapat mengambil sebanyak-banyaknya jenis pelatihan.

“Sebagai perusahaan teknologi di industri pariwisata, tiket.com terus berkembang dan bersiap menyambut kembalinya masa kejayaan industri pariwisata Indonesia. Kami memandang t-fam sebagai prioritas utama, untuk dapat maju bersama-sama mensejahterakan Indonesia melalui industri pariwisata,” tutup Dudi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top