Indonesia Shopping Festival 2022 Bawa Misi Pertumbuhan Ekonomi

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
06 Agustus 2022
marketeers article
Alphonzus Wijaja, Ketua APPBI, pada jumpa pers Indonesia Shopping Festival 2022, Rabu (03/08/2022). | Foto: APPBI
Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) optimistis kondisi dunia usaha makin membaik setelah dua tahun terakhir mengalami tantangan karena pandemi COVID-19. Sebab itu pada tanggal 11-21 Agustus 2022, APPBI menyelenggarakan Indonesia Shopping Festival yang serempak diadakan di berbagai pusat belanja di Indonesia.
Festival belanja ini sekaligus menjadi perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Selain itu, dengan diadakannya Indonesia Shopping Festival diharapkan adanya percepatan pemulihan serta pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya dari bidang ritel.
“Sudah dua tahun pusat perbelanjaan atau ritel menghadapi situasi yang berat. Indonesia Shopping Festival menjadi salah satu dorongan pemulihan ekonomi di pusat perbelanjaan. Kondisi ini memang tidak mudah namun kita harus optimistis karena pandemi sudah mulai terkendali,” tutur Alphonzus Widjaja, Ketua Umum APPBI, Rabu (03/08/2022) lalu.
Sebelumnya, acara ini sudah dilakukan setiap tahunnya dengan nama Indonesia Great Sale. Namun, kini APPBI berinovasi didukung oleh banyak pihak seperti Kementerian Perdagangan Indonesia.
Acara ini akan dimeriahkan dengan pesta diskon hingga 77%. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa menikmati pameran produk dalam negeri dan UKM, festival kuliner Nusantara, pertunjukan kesenian daerah, serta kolaborasi masing-masing pusat perbelanjaan selama Indonesia Shopping Festival berlangsung.
Untuk pembukaan festival ini akan digelar serentak di beberapa kota besar pada 11 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB. Kota Surakarta terpilih menjadi lokasi utamanya.
Pembukaan di Kota Surakarta ini akan secara langsung dilaksanakan oleh Wali Kota Surakarta yaitu Gibran Rakabuming Raka di Solo Paragon Lifestyle Mall. Sedangkan pembukaan lainnya juga dilakukan serentak, salah satunya di DKI Jakarta, tepatnya Mall Kota Kasablanka rencananya dibuka oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.
“Melalui festival ini, kami optimistis turut berperan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Khususnya di industri ritel yang mengalami dampak besar selama pandemi,” ujar Alphonzus.
Selama Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung, APPBI juga akan tetap menghimbau seluruh pusat perbelanjaan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, Salah satunya dengan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi guna menciptakan suasana belanja yang aman dan nyaman.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related