Transportation & Logistic

Industri Penerbangan Masih Loyo, Lion Air Justru Buka Rute Penerbangan Baru

Sumber gambar: Lion Air

Maskapai Lion Air Group resmi membuka rute penerbangan baru dari Biak, Makassar, dan Jayapura pada Minggu, 5 Desember 2021. Upaya ini dilakukan di tengah merebaknya pandemi COVID-19 yang memukul industri penerbangan hingga sekarang. Adapun penerbangan pertama dari Makassar ke Biak dan Jayapura menjadi momentum peringatan Hari Penerbangan Nasional.

Manager Lion Air di Bandar Udara Internasional Sentani (DJJ) Jayapura Suprihatin mengatakan, untuk tahap awal, Lion Air berencana mengoperasikan layanan penerbangan regular harian, frekuensi tujuh kali dalam sepekan, atau satu kali setiap hari. Dia percaya diri, dengan adanya pembukaan rute baru akan menambah permintaan di tengah lesunya penerbangan selama merebaknya wabah.

“Kami optimistis ketersediaan jadwal penerbangan adalah fokus utama perseroan dalam menjawab permintaan para penumpang antardestinasi di jaringan domestik khususnya di wilayah Indonesia Timur seperti Makassar, Biak, dan Jayapura. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan tren permintaan perjalanan udara serta mengembalikan kepercayaan publik bahwa terbang itu aman,” ujar Suprihatin melalui keterangannya, Senin (6/12/2021).

Lion Air penerbangan baru akan bernomor JT-3778 yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG), Makassar pada pukul 06.45 WITA dan tiba di Bandar Udara Internasional Frans Kaisepo (BIK), pada pukul 10.40 WIT.

Pelepasan terbang perdana dipimpin oleh Station Manager Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG), Upika Raina Arge berserta jajaran dengan pengalungan bunga ke awak pesawat serta perwakilan penumpang dan pengguntingan pita. Kemudian pada pukul 11.20 WIT bertolak menuju Bandar Udara Sentani, Jayapura dan diperkirakan tiba pada pukul 12.35.

Suprihatin melanjutkan, untuk rute sebaliknya, penerbangan dari Bandara Sentani menuju Bandara Frans Kaisepo dilakukan pada pukul 14.30 WIT. Dilanjutkan dengan penerbangan menuju Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15.10 dan dijadwalkan tiba pada 17.05.

“Dalam menyediakan penerbangan, Lion Air memberikan gratis bagasi 20 kilogram (kg) untuk memenuhi kebutuhan setiap penumpang. Dengan ketersedian rute penerbangan Lion Air akan mengakomodir kebutuhan calon penumpang khususnya masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayapura dan sekitarnya dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi dan pariwisata di daerah Indonesia Timur,” pungkasnya.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top