Inecosolar Manfaatkan Akuisisi untuk Menuju Pertumbuhan Lebih Besar

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
22 September 2022
marketeers article
Marius Kleiven, Vice President Business Development, Yinson Renewables (kiri), dan Benoît Prim, Pendiri dan Direktur Inecosolar (kanan), saat penandatanganan perjanjian. | Foto: Inecosolar
PT Ineco Solar Solutions (Inecosolar) telah resmi diakuisisi oleh Yinson Renewables. Perusahaan yang mengambil alih Inecosolar tersebut merupakan divisi energi terbarukan dari perusahaan infrastruktur dan teknologi Yinson Holdings Berhad.
Yinson Renewables adalah perusahaan listrik swasta energi bersih terkemuka dengan portofolio aset kuat di seluruh rantai nilai energi terbarukan yang berfokus pada tiga wilayah inti di Amerika Latin, Eropa, dan Asia Pasifik. Kini, mereka telah memiliki aset operasional serta aset yang sedang dibangun berkapasitas 460 MW. 
Proyek berkapasitas sekitar 1,5 GW pun telah diraih dan sedang dikerjakan. Ada pula proyek lain berkapasitas 3 GW hingga 5 GW dalam tahap pengembangan awal.
Melalui akuisisi itu, Inecosolar dapat memulai rencana perkembangannya, termasuk menyediakan solusi lengkap tanpa modal, mengembangkan portofolio proyek. Dengan akuisisi ini pula, perusahaan ingin turut mendukung pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga sebesar 23% pada tahun 2025.
“Penting bagi kami untuk memiliki mitra strategis yang tidak hanya memahami energi tetapi juga memiliki visi sama tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan cara berbeda dan lebih efisien di pasar,” jelas Benoit Prim, Pendiri dan Direktur Inecosolar dalam pernyataan resmi yang diterima Marketeers, Kamis (22/09/2022).
Dia menuturkan dengan kerja sama yang terbentuk antara kedua perusahaan, mereka berharap dapat memberikan solusi inovatif kepada pelanggan, khususnya di Indonesia. Senada dengan Prim, David Brunt selaku CEO Yinson Renewables melihat potensi yang besar di Indonesia.
“Dengan pasar energi terbarukan yang baru saja muncul, Indonesia siap menjadi pusat utama transisi energi. Kami berterima kasih atas kesempatan ini untuk mendukung tujuan energi terbarukan sembari berkontribusi pada pemerataan energi lebih kokoh di negara ini,” ujar Brunt.
Sementara itu, Marius Kleiven, Vice President Business Development Yinson Renewables menuturkan penting bagi perusahaan untuk bekerja sama dengan mitra lokal yang paham dengan dinamika pasar di wilayah tersebut. Kolaborasi strategis keduanya pun terus berlanjut berlandaskan kesamaan visi untuk menyediakan energi ramah lingkungan.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related