Career

Ingin Ruang Kerja yang Nyaman? Ternyata Pemilihan Kursi Punya Peran Penting

Ilustrasi: 123RF

Bekerja secara nyaman adalah dambaan semua orang. Banyak hal yang bisa diperhatikan agar ruangan kerja membuat kamu merasa nyaman berlama-lama di dalamnya. Salah satu yang paling sederhana adalah pemilihan kursi. Meski terlihat sederhana, kursi memainkan peran penting dalam membuat kamu nyaman dan menjaga kesehatan, khususnya tulang punggung. Lantas, bagaimana memilih kursi yang sesuai? Berikut tipsnya dari platform home living dan e-commerce Rupa-Rupa.

Perhatikan ketinggian

Hal pertama yang penting untuk kamu perhatikan adalah ketinggian kursi. Dengan memerhatikan tinggi kursi yang pas, akan bermanfaat untuk kesehatan mata, otot, dan juga punggung kamu. Di sini, kamu harus memastikan bahwa kaki bisa menapak dengan nyaman di lantai. Kemudian sudut antara tungkai kaki dan paha harus membentuk sudut 90 derajat atau agar beban tidak hanya bertumpu pada betis atau pun paha. Posisi duduk seperti ini akan membuat kamu nyaman dan tidak mudah pegal

Memiliki sandaran lengan

Elemen penting lainnya adalah sandaran lengan. Dengan adanya sandaran lengan, kamu bisa bekerja lebih aman dan nyaman. Untuk menambah kenyaman, kamu bisa memilih kursi dengan sandaran lengan yang bisa diatur. Pada saat bekerja di depan komputer atau laptop ini sering sekali bagian badan yang bergerak adalah tangan. Kursi kantor berlengan bisa menghilangkan rasa pegal maupun lelah kamu.

Posisi bekerja yang terbaik dengan menggunakan kursi ini adalah membentuk sudut 90 derajat dari lengan atas. kamu juga bisa memilih kursi kantor yang posisi lengan atas bisa dibuat sedekat mungkin dengan badan. Tujuannya, agar bahu tetap terasa nyaman dan ketegangan sendi bahu dan leher bisa berkurang.

Sandaran punggung

Kamu yang ingin membeli kursi kantor bisa mempertimbangkan sandaran punggungnya. Sebaiknya, kamu tidak memilih kursi yang tidak dilengkapi dengan sandaran punggung. Dan, sebaiknya kamu memilih kursi dengan sandaran punggung yang menopang penuh punggung agar posisi duduk menjadi sempurna dan tidak terlalu membungkuk.

Hal ini juga penting bagi kamu yang memiliki kelainan tulang punggung ada baiknya jika menggunakan kursi kantor yang memang sesuai dengan tulang. Harga kursi kantor jenis ini pun beragam. Semakin besar dan tinggi sandaran punggungnya akan semakin mahal. Tidak hanya itu, harga kursi kantor ini juga dibedakan dengan jenisnya. Kursi kantor staff dan kursi kantor khusus eksekutif berbeda.

Memiliki roda

Untuk mendukung kenyamanan, kamu bisa memilih kursi yang dilengkapi dengan roda. Roda ini akan memudahkan mobilitas dalam menata dan meletakkan kursi tersebut.  Mobilitas kamu juga akan banyak terbantu dengan kursi yang ada rodanya ini.

Pertimbangkan sofa

Bagi kamu yang ingin membuat kantor lebih nyaman, juga bisa mempertimbangkan adanya sofa. Sofa ini bisa kamu letakkan di ruang lobby kantor sebagai ruang tunggu para kolega atau klien kamu. Sofa yang kamu gunakan sebaiknya yang benar-benar nyaman agar tamu dan para klien betah berada di kantor Anda. Harga sofa ini pun beragam dan disesuaikan dengan modelnya serta bahan. Untuk bahan dari kulit umunya akan lebih mahal dibandingkan dengan bahan kain.

Most Popular








To Top