Ini Alasan Somethinc Gandeng BA Asal Korea Selatan

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
05 Agustus 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Gelombang budaya pop Korea Selatan atau yang kerap disebut sebagai Korean Wave tampaknya masih berlangsung hingga saat ini. Hal tersebut didukung dengan banyaknya penggemar artis pop Korea Selatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan K-Pop yang merajalela di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Banyaknya penggemar K-Pop di Indonesia berpengaruh terhadap berbagai hal, salah satunya bagi merek lokal. Hingga saat ini, banyak sekali merek lokal yang menggandeng artis Korea Selatan untuk menjadi brand ambassador merek tersebut, mulai dari merek e-commerce, makanan, hingga produk kecantikan.
Salah satu merek lokal yang menggunakan artis Korea Selatan sebagai brand ambassador adalah Somethinc. Merek ini menggandeng grup K-Pop NCT Dream sekaligus aktris cantik Han So Hee. Memang, baik NCT Dream dan juga Han So Hee sedang naik daun dan banyak dibicarakan publik.
Marsela Limesa, Co-Founder and President of Somethinc mengatakan penunjukan brand ambassador tersebut dilatarbelakangi oleh masukan para konsumen setia Somethinc melalui media sosial. Tak hanya itu, menurut Marsela, Korean Wave juga semakin beragam di kalangan masyarakat.
“Kami melihat bahwa saat ini bukan hanya karya para artis Korea Selatan saja yang menginspirasi. Mereka juga banyak yang menjadi role model bagi para penggemarnya berkat kegigihan dan semangat dalam mencapai berbagai mimpi mereka,” kata Marsela.
Marsela mengungkap bahwa menurut konsumen Somethinc, terdapat kesamaan value antara Somethinc dengan NCT Dream. Setelah melakukan research lebih dalam, Marsela melihat bagaimana NCT Dream selalu menjadikan para penggemarnya inspirasi dalam berkarya. Hal tersebut sejalan dengan Somethinc yang selalu mengutamakan para konsumen dalam melakukan berbagai inovasi.
“Aneka inovasi dan pemilihan brand ambassador  selalu dilandasi oleh kebutuhan konsumen. Kami berinovasi dengan mendengarkan masukan konsumen, sehingga kami dapat memenangkan kepercayaan dan loyalitas mereka dalam waktu yang terbilang singkat. Kami melihat bahwa spirit, pertumbuhan, dan loyalitas yang sama juga dimiliki oleh NCT Dream,” ucapnya.
Sama halnya dengan Han So Hee sebagai BA Somethinc, Marsela menyebut, penunjukan tersebut didasari oleh sosok Han So Hee yang telah memberikan inspirasi kepada penggemarnya atas keberaniannya untuk terus mengeksplorasi berbagai peran di setiap drama yang dibintangi.
“Sama seperti Somethinc yang terus berinovasi dalam menghadirkan produk kecantikan yang beragam, mulai dari perawatan kulit, makeup, hingga bodycare. Itulah mengapa kami menunjuk Han So Hee sebagai sosok beauty guru untuk menemani konsumen Somethinc dalam mewujudkan kulit impiannya melalui berbagai rekomendasi produk skincare dan make up,” katanya.
Somethinc tidak sekadar menjadikan NCT Dream dan Han So Hee saja sebagai brand ambassador untuk menggaet minat konsumen. Mereka juga menghadirkan berbagai kejutan dan program untuk membangun dan mengelola engagement dengan penggemar. Salah satunya dengan memberikan bonus photocard para anggota NCT Dream dan Han So Hee di setiap paket spesial.
Menurut Marsela, photocard ini memang merupakan salah satu bagian yang dinanti-nantikan oleh para penggemar. Hal tersebut didukung dengan survei yang dilakukan oleh Jakpat terkait penggemar K-Pop di Indonesia. Berdasarkan survei tersebut, salah satu kebiasaan yang penggemar K-Pop lakukan terkait dengan aktivitas fangirling atau fanboying mereka adalah membeli merchandise idola atau grup favorit mereka, yaitu sebanyak 38,21%.
Selain photocard, Marsela menyebut bahwa Somethinc juga menghadirkan konten dan kegiatan seru untuk membangun engagement dengan para penggemar. Salah satunya, dengan merilis video berkonsep alternate universe yang menunjukkan para anggota NCT Dream dalam seragam sekolah Indonesia yang sedang membuat formula perawatan kulit di laboratorium sekolah.
Marsela menambahkan Somethinc juga menghadirkan kejutan voice note dari para anggota NCT Dream. Konsumen Somethinc berhasil membuat kejutan tersebut topik yang trending nomor satu selama 24 jam di Twitter.
Selain itu, Somethinc juga menghadirkan konten Instagram dengan konsep picnic date bersama Han So Hee dan produk Somethinc. Menurut Marsela, hal tersebut berhasil menarik hati para penggemar Han So Hee, sehingga banyak dari mereka yang re-create foto tersebut di akun Instagram pribadi mereka.
“Lewat berbagai pendekatan tersebut, kami melihat penggemar sangat terhibur dan antusias. Respons positif ini membuat kami merasa strategi menggandeng BA idol K-Pop ini sebagai langkah tepat. Kuncinya dengan menghadirkan pendekatan yang relevan dengan konsumen, seperti apa yang kami lakukan saat ini,” kata Marsela.
Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Marketeers Edisi Agustus 2022. Selengkapnya bisa ditemukan di sini!
Editor: Ranto Rajagukguk

Related