Inilah Tim Pengembang Wakil Indonesia Di Imagine Cup Global

marketeers article

Setelah melalui rangkaian seleksi ketat, akhirnya dewan juri Microsoft Imagine Cup 2015 resmi memilih tiga tim pengembang mewakili Indonesia di tingkat global. Penentuan juara untuk kategori World Citizenship, Innovation, dan Games dilakukan semalam di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Siapa saja mereka? Berikut adalah nama para pemenang serta deskripsi ide aplikasi yang dibuat:

Kompetisi World Citizenship
Nama Tim : ALIX
Asal Institusi : Universitas Komputer Indonesia, Bandung
Aplikasi : Bantu Anak Asuh Apps (Solidare)

Bantu Anak Asuh Apps merupakan aplikasi berbasis Windows phone yang memberikan kemudahan berdonasi untuk anak yatim piatu dan anak tidak mampu. Targetnya adalah anak-anak yang secara ekonomi terancam putus sekolah. Melalui aplikasi ini, mereka diharapkan bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Aplikasi Bantu Anak Asuh (BAA) melibatkan peran serta semua pihak dalam mengurangi angka putus sekolah di dunia. Pihak yang terlibat dalam aplikasi ini adalah para donatur, lembaga amal yang legal secara hukum, komunitas sosial/gerakan anak putus sekolah, masyarakat, pemerintah, dan juga pihak sekolah yang berhubungan langsung dengan anak-anak.

Beberapa fitur yang disediakan adalah swipe informasi (berisi informasi awal mengenai isi aplikasi), registrasi donatur (validasi registrasi melalui email dan sms), profil donatur, news update dan notifikasi, pemilihan anak asuh berdasarkan list, pencarian nama, filtering data, dan nearby location.

Kompetisi Innovation
Nama Tim : Dodo Project
Asal Institusi : Universitas Komputer Indonesia, Bandung
Aplikasi : Dodo Kids Browser

Dodo Kids Browser adalah sebuah aplikasi bagi orang tua untuk mengontrol dan mengawasi anak-anak dalam beraktifitas menggunakan internet. Anak-anak dapat menjelajahi Internet secara aman dan para orang tua tidak merasa khawatir terhadap bahaya penggunaan Internet.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini terdiri dari:
1. Savior: Menyaring dan memberikan konten-konten yang sesuai untuk anak.
2. Notifior: Memberikan notifikasi ketika anak membuka konten yang tidak sesuai dan para orang tua dapat memberikan tindakan di mana pun mereka berada.
3. Reportior: Menyajikan laporan aktifitas penggunaan internet yang telah dilakukan oleh anak dalam bentuk tabel dan grafik.

Kompetisi Games
Nama Tim : Urban Studio
Asal Institusi : Universitas Trunjoyo Madura
Aplikasi : Help Me Up

Help Me Up adalah sebuah game Adventure Puzzle yang berbasis cerita untuk menghibur semua kalangan dan umur. Tujuan dari game ini adalah mengarahkan laba-laba menuju ke sarang sambil membawa makanan untuk anaknya. Tantangannya adalah menggunakan jaring yang disediakan seefisien mungkin agar bisa sampai kembali ke sarangnya.

Related