Digital

INKUD Gandeng UKM untuk Dorong Digitalisasi Gudang

SUMBER: INKUD

Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) menegaskan komitmen mereka untuk membantu pergerakan ekonomi mikro daerah. Salah satu caranya adalah menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) sebagai mitra usaha.

Hal ini merupakan lanjutan dari proses digitalisasi gudang KUD dengan pengembangan aplikasi manajemen gudang oleh PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge). Program pemberdayaan mitra usaha yang dihadirkan INKUD ini ditargetkan membantu pedagang kecil. Khususnya yang memiliki warung untuk mendapatkan distribusi barang dengan sistem yang memudahkan mereka berjualan tanpa modal awal.

“Dengan dukungan yang kami berikan, para pedagang bisa langsung mengakses berbagai produk kebutuhan pokok tanpa modal. Mereka diberikan kemudahan untuk membayar sejumlah produk yang sudah laku terjual dan bisa mengembalikan produk yang kiranya tidak laris di pasaran,” tutur Direktur Utama Unit Koperasi Induk Desa (Induk KUD) Portasius Nggedi.

Sumber: INKUD

INKUD telah merangkul lebih dari 1.000 pedagang untuk menjadi mitra usaha di Yogyakarta. Hal tersebut terwujud dengan kolaborasi bersama perusahaan distribusi Jaringan Logistic Indonesia (JLI).

Tidak berhenti di satu wilayah saja, INKUD dan JLI akan memberdayakan mitra usaha di sepanjang area Jawa Tengah seperti Solo dan Semarang. INKUD telah menyiapkan setidaknya 2.000 tiitik gudang KUD sebagai gudang penyimpanan. Sehingga, para pedagang dapat memasok produk dengan mudah.

Kemudahan lainnya, para mitra usaha juga diberikan jaminan harga termurah karena INKUD dan JLI mendapatkan pasokan langsung dari para distributor utama. Selain itu, dengan memanfaatkan gudang KUD yang tersebar di banyak wilayah sebagai inventory produk dan barang akan semakin mendekatkan jarak dengan mitra usaha sehingga pengiriman produk lebih cepat dan murah.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top