Instagram Luncurkan Fitur NFT di Indonesia

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
06 Agustus 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Instagram baru-baru ini meresmikan peluncuran fitur Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia. Sekarang, kreator dapat mengunggah karya NFT mereka secara langsung dari blockchain ke Instagram. Penggemar pun dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT tersebut.
Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia menjelaskan Instagram terus mengeksplor teknologi Web3. Ia meyakini teknologi tersebut memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang di seluruh dunia.
“Dengan fitur NFT di platform ini, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan memonetisasi koleksi digital mereka. Bisa berupa seni, musik, gambar, atau video. Ke depannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker augmented reality (AR) di Stories,” kata Pieter.
Fitur NFT di platform ini memungkinkan kreator dan kolektor untuk melakukan beberapa hal. Pertama, menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor dapat memilih NFT dan membagikannya di Instagram. Saat ini, dompet digital yang kompatibel untuk digunakan adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet.
Kedua, berbagi koleksi digital. Setelah kreator dan kolektor memasukan koleksi digitalnya, koleksi tersebut akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Selain itu, posting-an juga akan terlihat di profil mereka.
Ketiga, penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Mereka dapat secara otomatis dikaitkan di posting-an koleksi digital. Namun, hal tersebut juga tergantung pada pengaturan provasi mereka.
Saat ini, Ethereum, Polygon dan Flow adalah beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram. Untuk blockchain Solana akan menyusul hadir.
Dalam rangka peluncuran fitur NFT ini, Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang akrab dikenal sebagai Ghozali Everyday, pemuda yang sukses menjual foto selfie di marketplace Open Sea mengatakan antusiasmenya denga adanya fitur ini. Ia pun turut membuat NFT edisi spesial Instagram dan mengunggahkanya ke akun pribadinya.
“Banyak masyarakat yang menggunakan platform Instagram setiap hari. Harapannya, fitur NFT ini dapat membantu mereka untuk lebih memahami dan jadi akrab dengan NFT. Semoga, fitur ini dapat mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia,” tutur Ghozali.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related