Instagram Luncurkan #TawaDiReels untuk Para Komedian Tanah Air

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
22 Juni 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Instagram memahami bahwa kreator adalah bagian penting dalam ekosistem mereka. Tahun lalu, Meta mengumumkan akan berinvestasi hingga lebih dari US$ 1 miliar untuk para kreator di seluruh dunia. Investasi tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada kreator, serta upaya membangun platform terbaik bagi jutaan kreator dalam memperoleh kesuksesan jangka panjang.
Belum lama ini, Instagram meluncurkan program edukasi untuk para kreator komedi di Indonesia. Program yang dinamakan #TawaDiReels ini ditujukan untuk menemukan dan mengangkat talenta-talenta komedi baru dari seluruh Indonesia dan membantu mereka menggapai audiens lewat fitur Reels.
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan Meta Indonesia mengatakan, Reels telah menjadi tempat favorit masyarakat Indonesia untuk menemukan konten-konten yang menghibur, kreatif, dan otentik. Ia melihat sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia tahun lalu, fitur tersebut sudah banyak dimanfaatkan oleh para komedian muda.
“Kami melihat Reels mendorong munculnya komedian-komedian muda yang lihai dalam memanfaatkan format video pendek di Instagram untuk menyajikan kisah-kisah jenaka yang dekat dengan keseharian Indonesia. Kami harap, program ini dapat mengangkat lebih banyak lagi talenta dari seluruh Indonesia,” kata Revie.
Di peluncuran #TawaDiReels, Instagram bekerja sama dengan program Stand-Up Comedian Indonesia X (SUCI X) KompasTV. SUCI merupakan pelopor ajang kompetisi stand-up comedy di Indonesia yang sudah melahirkan banyak komedian ternama. Tidak hanya itu, SUCI juga menjadi tolak ukur pencapaian karier tertinggi bagi para stand-up comedian di Indonesia.
Fina Merliane, Executive Producer SUCI X KompasTV menyampaikan pada tahun 2022, SUCI tepat menginjak usia 1 dekade. Oleh sebab itu, SUCI ingin membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk menunjukkan kemampuan stand-up mereka. Menurutnya, masih banyak representasi komika yang belum dapat menunjukkan bakat istimewanya karena berbagai faktor.
“Kami bekerja sama dengan Instagram menggulirkan rangkaian aktivasi digital melalui Reels yang melibatkan kontestan dan masyarakat umum dari seluruh wilayah Indonesia. Kami percaya, sinergi Reels dan KompasTV lewat ajang SUCI X ini mampu menyaring dan menampilkan lebih banyak talenta baru stand-up comedy di Indonesia,” kata Fina.
Sebagai informasi, Program #TawaDiReels SUCI X ini teridri dari pelatihan intensif serta rangkaian aktivasi di Reels. Program ini tidak hanya bisa diikuti oleh kontestan SUCI X saja, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.
Terdapat empat program kolaboratif yang dihadirkan. Pertama, #AudisiSUCIXdiReels, yakni tahap audisi online secara virtual. Peserta dapat menunggah konten stand-up comedy mereka melalui Reels.
Kedua, #KelasTawaDiReels, yaitu program pelatihan insentif dari tim Creator Partnership Instagram. Para kontestan SUCI X akan dibekali dengan best practices dalam menghasilkan dan membagikan konten komedi melalui Reels hingga tips-tips membangun engagement dengan audiens.
Ketiga, #SUCIXTerfavoritDiReels. Ini adalah salah satu babak kompetisi yang mana 13 kontestan SUCI X akan bersaing dalam menciptakan konten komedi yang paling terlucu di Reels. Terakhir, #RameinSUCIXdiReels. Di sini, masyarakat umum dapat turut serta meramaikan kompetisi SUCI X dengan mengunggah konten stand-up comedy mereka melalui Reels. Konten terbaik akan ditayangkan dalam program SUCI X.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related