Internet Explorer Resmi Dipensiunkan Microsoft Hari Ini

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
15 Juni 2022
marketeers article
Internet Explorer Resmi Dipensiunkan Microsoft Hari Ini (FOTO:123RF)
Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk web browser atau peramban Internet Explorer (IE) pada 15 Juni 2022, dalam sebuah unggahan blog pada 19 Mei 2021. Hari ini menjadi hari eksekusi bagi peramban berusia hampir 27 tahun tersebut.
“Dengan Microsoft Edge yang mampu memikul tanggung jawab ini dan lebih banyak lagi, aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan dihentikan dan tidak lagi didukung pada 15 Juni 2022, untuk versi Windows 10 tertentu,” kata perusahaan dikutip dari situs resminya, Rabu (19/5/2021).
Internet Explorer diluncurkan pada 16 Agustus 1995, dan menjadi sarana utama untuk berinteraksi melalui internet. Kala itu belum muncul peramban seperti Google Chrome, Mozilla, dan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.
Microsoft yang hingga kini memiliki pangsa pasar yang kuat di sektor sistem operasi komputer, memasukkan kopi perangkat lunak Internet Explorer di setiap salinan sistem operasi Windows yang dijual. Laporan TrustedReview menyebut langkah Microsoft untuk mempopulerkan peramban bawaan perusahaan menjadi masalah dengan pemerintah AS dengan alasan praktik monopoli, dan tidak membuka jalan bagi peramban saingan untuk mengimbanginya.
Usai praktik itu disetop, muncul peramban-peramban baru yang mampu bersaing melawan Internet Explorer. IE akhirnya digantikan oleh peramban yang lebih cepat. Wacana eksekusi IE sudah dibahas sejak tahun 2015, ketika Microsoft meluncurkan pengganti IE, yakni Microsoft Edge. Edge merupakan peramban yang lebih cepat dan lebih aman, serta memiliki alat bawaan untuk membuat IE terlihat benar-benar usang.
Microsoft mengatakan bahwa peramban yang lebih baru memiliki mode Internet Explorer atau mode IE  yang terpasang di dalamnya, memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa situs web dan aplikasi lama yang berbasis IE dari dalam Edge. “Microsoft Edge memiliki mode IE bawaan, sehingga Anda dapat mengakses situs web dan aplikasi lama berbasis IE langsung dari Microsoft Edge,” kata perusahaan.
Jauh sebelum eksekusi IE dilakukan, perusahaan sudah memberitahu untuk pengguna yang masih menggunakan IE untuk segera beralih ke peramban yang lebih modern. “Jika Anda adalah konsumen yang menggunakan Internet Explorer di rumah, kami sarankan Anda beralih ke Microsoft Edge sebelum 15 Juni 2022, untuk mulai menikmati pengalaman menjelajah yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih modern. Kabar baiknya, Anda mungkin sudah memilikinya di perangkat Anda,” pungkas Microsoft.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related