Finance

Investree Mengaku Fokus pada Channeling dengan Mitra Bank

SUMBER: 123RF

Masuknya platform financial technology (fintech) ke dalam industri perbankan melalui akuisisi bank-bank kecil untuk disulap menjadi bank digital terus mewarnai industri keuangan nasional belakang ini.

Setelah ramai soal akuisisi Bank Neo Commerce oleh fintech Akulaku, kini tampaknya strategi yang sama juga akan dilakukan oleh platform pembiayaan lainnya yaitu Investree yang digosipkan akan mengakuisisi PT Bank Amar Indonesia (Bank Amar) lewat right issue.

Bank Amar sendiri sedang dalam proses melakukan rights issue dan sudah mendapat izin dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 12 November lalu. 

Rencananya, Bank Amar akan menerbitkan saham baru paling banyak 20 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Namun, CEO dan Co-Founder Investree Adrian Gunadi menyangkalnya. Dia mengatakan bahwa sebagai sebuah perusahaan fintech yang sedang berkembang, perusahaannya banyak digosipkan akan mengakuisisi bank.

Adrian mengungkapkan hubungan antara Investree dan bank masih sebatas mitra dalam memberikan fasilitas kredit kepada nasabah. Dia bilang, Bank Amar pernah menjadi mitra channelling Investree dalam hal tersebut.

Tetapi, ia tidak membantah bahwa ke depan Investree akan masuk ke dalam ekosistem perbankan. Ia menyebut bahwa saat ini pihaknya masih mempelajari lanskap dan regulasi perbankan.

“Kami fokus pada channeling dan kerjasama strategis dengan bank sambil mempelajari landscape dan regulasi digital banking,” pungkas Adrian.

Adapun, Bank Amar mengakui bahwa hingga saat ini pihaknya mendapat banyak minat dari berbagai calon investor seiring dengan proses pendaftaran rights issue dan prospektus yang akan segera diumumkan ke publik dalam waktu dekat.

“Sejauh ini kami menerima banyak minat dari beberapa calon investor karena rights issue nanti untuk pemenuhan persyaratan modal inti minimum demi menghadirkan inovasi yang dapat meningkatkan dan memperkuat ekosistem digital kami,” tutur President Director Amar Bank Vishal Tulsian. 

The Latest

To Top