Technology

Jack Ma: Berbagi Pengalaman Penting untuk Bangkit dari COVID-19

Photo Credits: ALIZILA

Berbagi pengalaman dan pengetahuan diyakini Founder and Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma penting untuk bangkit dari kondisi pandemi COVID-19. Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation pun menghadirkan platform daring, GMCC agar berbagai negara dapat berbagi pengalaman tanpa perlu memulai dari nol.

GMCC dirancang untuk berbagi pengetahuan medis, pengalaman langsung, dan praktik terbaik dalam penanganan COVID-19.

“Selama tiga bulan terakhir, saya mengikuti perkembangan pandemi ini setiap hari. Di tengah kondisi ini, dunia tidak hanya membutuhkan perlengkapan medis. Pengalaman para petugas medis sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi juga begitu penting. Hal tersebut menjadi alasan utama kami mengembangkan GMCC, Global MediXchange, yakni untuk berbagi pengalaman agar negara-negara dan wilayah-wilayah lain tidak perlu memulai dari nol,” ungkap Jack Ma pada sesi livestream webinar medis beberapa waktu lalu.

 Dalam sesi webinar ini, para ahli dan partisipan membahas berbagai topik, termasuk pendekatan penanganan pasien gawat darurat, panduan pada situasi isolasi darurat, proteksi tenaga medis dan frontliner, panduan proteksi isolasi di rumah,dan panduan psikologis dalam situasi pandemi.

Sesi webinar untuk praktisi medis Indonesia diselenggarakan akhir April lalu.  Dalam sesi ini, ahli medis dari Affiliated Hospital of Qingdao University dan lebih dari 300 tenaga kesehatan Indonesia bergabung dalam sesi diskusi tentang pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik mereka. Para partisipan merupakan perwakilan dari berbagai institusi, termasuk, RS Cipto Mangunkusumo, RS dr. Sutomo, RS Siloam, RS Pelni, RSPAD Gatot Subroto, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan Jawa Barat.

“Seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan yang sepenuhnya baru. Oleh karena itu, saat ini sangat penting bagi para tenaga medis dan staf untuk dapat memperoleh akses ke pengetahuan, pengalaman, dan keahlian mengenai COVID-19. Platform ini dapat menjadi salah satu solusi,” kata Djauhari Oratmangun, Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT dan Mongolia.

Didukung teknologi dan perangkat dari Alibaba Health dan Alibaba Cloud, platform ini memiliki tiga komponen utama (buku panduan digital tentang pencegahan dan penanganan pandemi, diskusi daring secara real-time, video, dan webinar).

Hingga kini, platform ini telah menyelenggarakan sesi berbagi pengetahuan antara pimpinan gugus tugas penanganan pandemi dan pakar medis di Tiongkok dengan tenaga medis dari rumah sakit di Rwanda, Etiopia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, dan Indonesia.

MARKETEERS X








To Top