Jajal Ranah Metaverse, HPM Cari Potensi Solusi Baru Akuisisi Konsumen

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
05 Agustus 2022
marketeers article
Ilustrasi showroom virtual, salah satu potensi solusi berbasis metaverse dari HPM untuk konsumen. (FOTO: Honda Prospect Motor)
PT Honda Prospect Motor (HPM) membuka potensi pemanfaatan teknologi blockchain khususnya ranah metaverse, sebagai solusi pemenuhan pengalaman konsumen. Peluang tersebut dibuka dengan kolaborasi bersama Metanesia, platform metaverse asli Indonesia yang dikembangkan oleh anak usaha Telkom Indonesia. 
Kolaborasi tersebut pertama kali diungkap dalam gelaran Digiland di Jakarta pada Minggu (31/7/2022) lalu. Upaya awal HPM dalam mencari potensi pemakaian fitur berbasis ranah metaverse, berkaitan dengan solusi baru bentuk akuisisi konsumen. 
Hal itu khususnya dalam menambah kenyamanan bagi calon pembeli kendaraan buatan Honda, untuk melihat fitur serta tampilan kendaraan tanpa menyambangi diler. Dengan begitu, calon pembeli cukup mengakses platform tersebut secara virtual.
“Kami turut ambil bagian dalam platform metaverse yang dirancang oleh Metanesia karena arah perilaku konsumen mulai mengarah ke pemanfaatan teknologi. Khususnya untuk mengurangi interaksi secara luring dengan jaringan penjualan kami, agar mendapat informasi lebih lengkap terkait sebuah kendaraan,” kata Yulian Karfili, PR & Digital Strategy Senior Manager HPM, kepada Marketeers saat ditemui di Jakarta pada Senin (1/8/2022).
Arfi, panggilan akrab Yulian, menyebut pihaknya masih mempelajari potensi lebih lanjut dalam merancang solusi berbasis platform metaverse. Termasuk mempelajari seberapa jauh dan lengkap seorang calon pembeli dan perilaku mereka ketika mengakses showroom di ranah metaverse. Kesempatan itu didapatkan, salah satunya, dalam keikutsertaan dalam platform buatan Metanesia.
HPM menjadi satu-satunya pemegang merek otomotif, khususnya kendaraan roda empat, yang berpartisipasi dalam platform Metanesia. Pengunjung yang mengakses platform metaverse dalam ajang pameran Digiland itu, dapat melihat berbagai produk dan informasi kendaraan secara virtual. 
Bahkan, informasi maupun akses pengunjung kepada kendaraan buatan Honda, disajikan layaknya pameran di dunia nyata. Bentuk potensi solusi peningkatan pengalaman calon pelanggan HPM di ranah metaverse, juga muncul dari pembuatan fitur Virtual Reality Driving
Menggunakan model kendaraan All New Honda BR-V, aktivitas test drive virtual tersebut dirancang menarik bagi pengguna layaknya sebuah gim. Selain itu, pengunjung dapat berinteraksi dengan Virtual Sales Assistant, jika ingin mengetahui penawaran terkini dari HPM.
Setiap pengunjung yang ingin menjajal pengalaman platform metaverse Metanesia, wajib lebih dahulu mengunjungi laman resmi mereka dan mengunduh aplikasinya. Kemudian, pengunjung akan diarahkan mengisi formulir yang disediakan hingga kemudian memilih avatar. 
Nantinya, avatar tersebut menjadi perwakilan pengguna dalam menjajal setiap pengalaman di platform Metanesia tersebut.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related