Jelang Google I/O, Ini Sederet Update Android yang Bakal Dipamerkan

marketeers article
Ilustrasi Google I/O. (FOTO: 123RF)

Google sebentar lagi bakal membeberkan sejumlah update yang akan diterima smartphone Android. Nanti, perusahaan akan mengumumkan deretan update tersebut dalam ajang konferensi developer tahunannya yang bernama Google I/O.

Acara ini akan digelar 14 Mei 2024 nanti. Ini merupakan ajang tahunan yang mempertemukan para pengembang teknologi.

Ada beberapa pembaruan yang cukup ditunggu pengguna. Salah satunya adalah Android 15. Selain itu, Google juga memanfaatkan ajang tersebut untuk memamerkan ponsel pintar terbarunya yakni Pixels.

Dikutip dari AndroidCentral pada Jumat, (10/5/2024), berikut sederet update Android yang kemungkinan akan diumumkan pada Google I/O nanti:

1. Android 15

Android 15 nantinya bakal dirilis di ajang ini. Setelah melalui masa pratinjau dari pengembang, tampaknya versi terbaru Android ini akan siap dirilis untuk publik pada 14 Mei nanti.

Tapi nampaknya, tidak akan banyak perubahan pada tampilan antarmuka Android 15 ini nantinya. Terakhir kali Google melakukan perubahan pada antarmuka yakni pada Android 12.

BACA JUGA: Dongkrak Keamanan lewat AI, Google Hadirkan Google Threat Intelligence

Beberapa fitur baru yang ada di Android 15 adalah Audio Sharing. Fitur ini sepertinya berbasis pada Auracast dan memungkinkan pengguna untuk menyiarkan audio dari perangkat mereka ke beberapa perangkat lainnya.

2. Wear OS 5

Google juga dikabarkan akan merilis pembaruan untuk Wear OS, sistem operasi untuk perangkat wearables. Google mengatakan akan merombak sistem operasi ini untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna, tapi belum ada rincian jelas akan diapakan sistem operasi ini oleh Google.

3. Gemini

Ada beberapa update selain sistem operasi yang akan dipamerkan Google nantinya. Setelah melakukan rebranding asisten virtualnya dari Bard menjadi Gemini, Google semakin gencar dalam pengembangan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

BACA JUGA: Mau Beli iPad Pro? Ini Perbedaan Cip M4 Apple dengan M3

AI milik Google ini diprediksi akan diintegrasikan ke beberapa aplikasi buatan Google seperti Google Search, Google Maps, dan Google Chrome.

4. Pixel

Pada tahun lalu, Google I/O menjadi tempat pengumuman Google Pixel. Tapi nampaknya Google sudah lebih dulu mengumumkan perilisan seri Pixel sebelum Google I/O.

Tapi, selain menampilkan update fitur dan Android, ajang tahunan ini juga tetap akan memamerkan perangkat terbaru buatan Google. Salah satunya yang diprediksi akan diumumkan pada Google I/O nanti adalah tablet Pixel 2.

Yang baru dari tablet Pixel 2 ini adalah tidak ada dok untuk menempatkan tablet ini. Karena dirilis tanpa dok, diprediksi harga tablet Pixel baru ini akan lebih murah dibandingkan yang pertama.

Selain itu, Google diprediksi juga akan merilis Google Pixel Fold terbarunya dalam ajang tersebut.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related