Jelang Lebaran 2022, Tokopedia Ungkap Tren Belanja Masyarakat

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
26 April 2022
marketeers article
Los Angeles, California, USA 17 January 2020: Mobile phone in hand with Tokopedia app logo on screen close-up, Illustrative Editorial.
Raksasa e-commerce, Tokopedia mengklaim penjualan produk makanan dan fesyen laris manis saat kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra. Berdasarkan catatan perusahaan, terjadi kenaikan permintaan pada periode 25 Maret hingga 20 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021.
Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebutkan, beberapa produk yang mendapatkan berkah penjulaan seperti makanan dan minuman, kesehatan, produk rumah tangga, elektronik, dan perawatan diri.  Kendati demikian, dia enggan mebeberkan berapa angka peningkatan transaksi produk tersebut.
“Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” ujar Ekhel dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/4/2022).
Menurut dia, pada kategori makanan dan minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh dan hampers buah. Sedangkan di kategori fesyen, produk seperti baju ihram, jilbab anak serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.
Sedangkan pada kategori perawatan diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut serta krim tirai (sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku. Lalu di kategori Kecantikan, produk maskara, krim tirai (sunblock) untuk wajah serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.
Ekhel menyebut, tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) lokal di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.
Tak hanya itu, ada pula program lain berupa Tokopedia NOW!, yaitu layanan 24 jam dalam 7 hari yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian seperti sembako, daging, sayur, buah, dan sebagainya dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. “Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” ujarnya.
Ekhel menambahkan, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UKM lokal di industri fesyen termasuk busana muslim, salah satunya Wearing Klamby yang mencatatkan kenaikan transaksi hingga 300% pada Idulfitri tahun lalu.
“Selain itu, ada kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp 50.000. Contoh UKM yang ikut dalam kampanye ini adalah Dekayu Indonesia. Transaksi mereka meningkat lebih dari empat kali lipat di Ramadan 2021 dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya,” pungkasnya.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related