Retail & Property

Jeli, Barista Starbucks Kini Lihai Berkampanye

Sumber: Starbucks

Semua aspek di perusahaan merupakan aset. Artinya, jika pelaku usaha teliti dan jeli dalam melihat peluang, aset yang dimiliki bisa menjadi senjata ampuh dalam menciptakan inovasi atau bahkan strategi marketing.

Starbucks menjadi salah satu merek yang berupaya untuk memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya. Sebut saja rangkaian inovasi yang diciptakan tim Riset dan Development, hingga barista.

Sudah bukan rahasia lagi jika barista Starbucks sebagai garda terdepan pelayanan kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk hadir ke gerai dan mengonsumsi kopi Starbucks.

Banyak strategi yang dilakukan Starbucks untuk memaksimalkan potensi barista sebagai subyek kampanye. Sebagai contoh, ritel kedai kopi asal Amerika Serikat ini memiliki program Starbucks Coffee Master yang memilih barista terbaik setiap tahunnya.

Kali ini, bersamaan dengan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada Kamis (01/10/2020), Starbucks meluncurkan program kampanye Barista Idol’s. Kampanye ini menghadirkan lini minuman handcrafted yang resepnya diciptakan oleh empat barista Starbucks.

Starbucks Handcrafted Barista Idol’s (Sumber: Starbucks)

“Setiap minuman yang ada di Starbucks, pembuatannya diawali dari barista yang mencurahkan hati dan semangatnya ke dalam minuman yang diracik. Sehingga ada makna di tiap minuman itu. Pun saat kami memilih Barista Idol’s,” papar Liryawati, Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia.

Di ajang ini, perusahaan berusaha mengeksplorasi kemampuan barista untuk meracik minuman baru dari bahan yang sudah ada di Starbucks sehingga terciptakan minuman hasil kreativitas mereka

Empat minuman hasil kreasi barista Starbucks ini di antaranya Royal Salted Caramel Coffee Frappuccino oleh Komang Agustana dari Starbucks Level 21 Bali, Earl Grey Coffee Frappuccino oleh Chloe Carissa Putri S. dari Starbucks Drive-Thru Kota Wisata, Iced Biscotti Latte oleh I Made Arya Danur Dhara dari Starbucks Reserve Dewata Bali, dan Hot Choco Nutty Berry Latte oleh Mohammad Fajar dari Starbucks Reserve Plaza Indonesia.

“Selain menggali keativitas, rangkaian kopi edisi spesial handcrafted Barista Idol’s ini juga digelar untuk meningkatkan Starbucks Experience para pelanggan,” tambah Liryawati.

Layaknya edisi spesial, Starbucks juga menawarkan promo spesial dengan harga Rp 29.000 untuk minuman berukuran Tall dan paket bundling Rp 50.000 untuk dua gelas minuman.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top