Lifestyle & Entertainment

JOOX Music Awards 2021 Wadahi Komunikasi Musisi dan Pendengar

Sumber: 123RF

Mengusung klaim sebagai tuan rumah musik di Indonesia, JOOX terus menjalin komunikasi yang erat dengan musisi dan pendengar musik. Memasuki pertengahan tahun 2021, platform music streaming ini menggelar JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021.

Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia menjelaskan bahwa JIMA 2021 hadir sebagai apresiasi kepada musisi Indonesai. Ajang ini sekaligus menjadi upaya untuk melibatkan penggemar ke dalam prestasi para musisi.

“Penggemar memiliki kontribusi yang besar terhadap musisi idola mereka. Lewat pemberian apresiasi, musisi akan mengetahui dampak karya mereka dan terjalin pula interaksi yang semakin erat dengan penggemarnya,” ujar Yuanita.

 

Virtual launching JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021 (Sumber: JOOX)

Berdasarkan International Journal of Music Business Research, musik bisa menjadi wadah untuk berinteraksi. Di sisi lain, platform streaming musik terbukti dapat meningkatkan kedekatan antara penggemar dan musisi. Sebab itu, langkah yang diambil JOOX ini menjadi cara untuk meningkatkan interaksi tersebut.

Dalam gelaran JIMA 2021, JOOX memastikan bahwa sistem penghargaan akan murni dari dukungan penggemar. Mereka dapat memberika voting di aplikasi JOOX. Tidak hanya itu, JOOX juga menerapkan sistem dukungan gamifikasi. Sehingga, penggemar tidak hanya mendukung, tapi juga mengalami pengalaman yang menyenangkan ketika mendukung musisi idolanya.

JIMA 2021 (Sumber: JOOX)

“Dukungan kami buka mulai tanggal 7-13 Juni 2021. Nantinya, JOOX akan merayakan penghargaan ini pada 25 Juni 2021 melalui aplikasi JOOX,” tambah Yuanita.

Sebagai bagian kompetisi, JIMA 2021 menghadirkan sejumlah kategori yang terbagi menjadi dua kategori nominasi, yakni nominasi lokal dan nominasi internasional. Dari nominasi lokal, JOOX membawa kategori Indonesian Song of the Year, Indonesian Artist of the Year, dan Dangdut Artist of the Year. Sementara nominasi internasional ada sejumlah kategori seperti Global Song of the Year, Korean Artist of the Year, dan International Artist of the Year.

Tidak hanya musisi, JOOX juga berupaya mengapresiasi dukungan para penggemarnya dengan menghadirkan kategori Best Fanbase of the Year.

“Semua dukungan dipastikan gratis. Perngguna bisa memberikan vote sebanyak-banyaknya sesuai dengan kuota yang dimiliki. Untuk free-user mendapatkan delapan kuota vote. Sementara JOOX VIP mendapatkan 80 kuota vote per hari. Kuota ini bisa didapatkan dengan memainkan berbagai fitur di aplikasi JOOX,” tutup Yuanita.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top