Jurus Rebranding FWD Insurance di Awal Tahun

profile photo reporter Ellyta Rahma
EllytaRahma
29 Januari 2021
marketeers article
116506876 singapore-november 16, 2018: fwd insurance business of investment group logo.

Mengawali tahun 2021, PT FWD Life Indonesia dan PT FWD Insurance Indonesia mengumumkan penggabungan identitasnya. Hal ini berujung pada rebranding menjadi satu entitas, yaitu FWD Insurance dengan nama perusahaan PT FWD Insurance Indonesia.

Langkah rebranding ini merupakan strategi FWD Insurance untuk memperkuat bisnisnya. Sebelumnya pada tahun 2020, perusahaan ini juga telah mengakuisisi dan me-rebranding PT Commonwealth Life. Dengan rangkaian rebranding ini FWD Insurance yakin dapat memperuat posisinya di persaingan pasar asuransi Indonesia, terutama asuransi berbasis teknologi.

Dikatakan oleh Huynh Thanh Phong, CEO FWD Group, selama berdiri di Indonesia, FWD berhasil membangun brand asuransi yang segar dan dinamis. “Penggabungan ini adalah cara kami bersikap positif terhadap potensi pasar asuransi di Indonesia dalam jangka panjang,” tuturnya.

Pengumuman penggabungan entitas menjadi FWD Insurance (Sumber: FWD Insurance)

Dengan adanya rebranding ini, FWD Insurance akan memiliki tiga fokus. Pertama, product proposition untuk mencipakan produk yang memberikan proteksi dan meningkatkan literasi kepada nasabah, berfokus pada pengalaman nasabah. Kedua, meneruskan inisiatif digital untuk meningkatkan pengalaman nasabah. Ketiga, mengoptimalkan jalur distribusi produk secara digital sehingga semua orang bisa mengakses asuransi.

FWD insurance akan tetap meneruskan bisnis asuransi berbasis teknologi yang inovatif. Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD mengungkapkan bahwa pihaknya ingin membangun persepsi masyarakat tentang asuransi yang lebih sederhana dan mudah untuk diakses.

“Kami memastikan pengalaman asuransi yang cepat dan mudah akan lebih mudah dilakukan baik dalam proses pendaftaran maupun klaim dengan penggabungan entitas yang makin kuat ini,” klaimnya.

Lebih lanjut, Anantharaman memastikan semua polis FWD Life dan FWD Insurance yang telah tercatat sebelum penggabungan tetap memiliki syarat, ketentuan, dan manfaat yang sama. Nasabah juga tetap bisa mengakses produk dan layanan melalui kanal-kanal yang sudah ada sebelumnya.

“Namun, perlu diperhatikan bahwa seiring perubahan nama perusahaan, akan ada nama produk yang berubah. Kami akan terus memberi tahu jika ada perubahan,” tambah Anantharaman.

Dibuka dengan Everyday Heroes

Sebagai awal dari langkah rebranding, FWD Insurance mengampanyekan Everyday Heroes. Kampanye yang mendorong semua orang menjadi pahlawan dalam hidup untuk orang di sekitarnya ini menjadi cara FWD Insurance membangun relevansinya di tengah persaingan pasar. FWD Insurance memanfaatkan momentum pandemi yang masih melanda untuk menciptakan sosok-sosok pahlawan di tengah masa sulit.

“Kampatnye ini bertujuan menginspirasi nasabah dan masyarakat untuk menghadapi perubahan dan tantangan. Dengan adanya pahlawan dalam hidup, langkah nasabah dan masyarakat akan lebih pasti,” pungkas Anantharaman.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

Related