JVAC Dibuka, Permohonan Visa Jepang Kini Bisa di Surabaya

marketeers article
Permohonan visa Jepang kini bisa dilakukan di Bali, Makassar, Medan, dan Surabaya. (Sumber: VFS Global)

Kabar baik bagi traveler! Para pelancong yang berada di Surabaya sudah tak perlu ke Jakarta untuk mengajukan permohonan visa Jepang.

Pasalnya, mulai 1 April 2024, Japan Visa Application Centre (JVAC) atau pusat permohonan visa Jepang sudah beroperasi di Surabaya. Mr Takeyama Kenichi, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya menyampaikan Indonesia merupakan sumber pasar utama bagi Jepang dan pihaknya berupaya untuk memberikan kemudahan proses permohonan visa bagi wisatawan.

“Pendirian pusat-pusat permohonan visa baru ini merupakan langkah penting menuju strategi untuk lebih mengembangkan hubungan bilateral kita,” ujar Mr. Takeyama Kenichi, dikutip dari keterangan persnya.

BACA JUGA Permohonan Visa Meningkat Pesat, Capai 137% pada 2023

Kenichi menambahkan pusat permohonan visa baru ini akan membantu pihaknya dalam memberikan layanan berkualitas kepada pemohon visa Jepang di Indonesia melalui proses pengajuan visa yang lancar. Pembukaan Japan Visa Application Center (JVAC) di Surabaya ini seiring dengan meningkatnya minat bepergian ke Jepang.

Adapuan JVAC Surabaya sendiri mulai beroperasi sejak 1 April 2024 dengan detail waktu pengajuan yang dibagi oleh dua sesi untuk perorangan pada pukul 08.00 – 15.00 dan untuk travel agent pada jam 08.00 – 12.00. Sementara itu, untuk waktu pengambilan dapat dilakukan pada siang hingga sore hari, tepatnya pukul 13.00 – 16.00, baik untuk perorangan maupun travel agent.

BACA JUGA Tawarkan Gaji Rp 18 Juta, Kenali Syarat dan Cara Daftar Kerja di Jepang

JVAC Surabaya berlokasi di Graha Bukopin Surabaya Lantai 12, Jl Panglima Sudirman No 10-18, Surabaya. Layanan JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Dengan beroperasinya JVAC Surabaya akan meningkatkan berbagai layanan dan kenyamanan bagi pemohon visa, seperti mengurangi kepadatan di loket visa dan mempersingkat waktu tunggu.

Sebelumnya, loket permohonan visa di bagian visa kantor Konsulat Jepang hanya memiliki dua loket saja. Namun, kini JVAC Surabaya akan memiliki delapan loket permohonan dan dua loket pengambilan hasil sebagai upaya mengurai kepadatan.

Selain itu, terdapat layanan tambahan yang difasilitasi oleh pihak VFS Global meliputi, Layanan Pengisian Formulir Aplikasi, Fotokopi, Notifikasi Status Pemeriksaan Melalui SMS, Layanan Kurir, Layanan Print-Out Dokumen, Layanan Perpanjangan Waktu Pengambilan Hasil, dan Premium Lounge.

Dengan dibukanya JVAC Surabaya, maka Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya tidak lagi dapat menerima permohonan visa setelah tanggal 1 April 2024. Namun, Konsulat Jenderal Jepang Surabaya tetap dapat menerima untuk kasus-kasus tertentu, yakni urusan diplomatik/paspor dinas, prosedur transfer visa, kasus darurat kemanusiaan lainnya, dan lain-lain.

Selain di Surabaya, JVAC juga akan dibuka di Medan, Denpasar dan Makassar dan akan mulai penerimaan permohonan mulai tanggal 1 April 2024.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related