Kampanye Jelajah #SerunyaIndonesia TikTok, Ungkap Sisi Baru Wisata RI

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
05 Agustus 2022
marketeers article
Upaya Perluas Layanan Inovatif, TikTok Lakukan Uji Coba Game HTML5 (Foto: pexels.com)
TikTok menggelar kampanye terbaru bertajuk ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ demi membangkitkan gairah pariwisata Tanah Air sepanjang Agustus 2022 ini. Langkah ini turut mendapat dukungan langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sejalan dengan kolborasi bersama Tiket.com. 
Melalui program ini, TikTok juga bermaksud meramaikan suasana HUT RI ke-77 selama sebulan penuh. Upaya kampanye ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ dari Tiktok akan melibatkan empat orang kreator yang mendatangi beragam tujuan wisata Tanah Air. 
Empat orang kreator yang ditunjuk adalah Canny Claudia, Firly Adhyatma Ruslu, Melani Amelia, dan Nanda Setya Pratama. Mereka akan menjelajah berbagai lokasi dari sisi barat maupun timur wilayah Indonesia selama 10 hari perjalanan.
“Ragam konten dari para kreator yang berbagi rekomendasi kuliner, lokasi wisata daerah, hingga rekomendasi wisata baru menjadikan kategori pariwisata menempati lima teratas di Indonesia. Kami berharap konten live stream dari kreator yang ikut serta dalam program ini akan memberi inspirasi dan meningkatkan kemajuan pariwisata Indonesia,”  kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, dalam konferensi pers virtual bersama awak media termasuk Marketeers pada Kamis (4/8/2022).
Agung menyebut kampanye ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ dari TikTok akan mengangkat pesona beragam objek wisata RI yang belum banyak dikenal. Selama ini, para kreator konten Tanah Air sering melabeli lokasi tersebut dengan sebutan hidden gem, alias permata tersembunyi. 
Tidak hanya menghasilkan konten berupa video berdurasi pendek seperti biasanya, para kreator juga akan mengajak pengguna TikTok lain berwisata virtual melalui live streaming.
Perjalanan para kreator dalam program ini terbagi ke dalam empat grup, sebelum dipertemukan dalam acara puncak berupa festival yang berlangsung di Jakarta. Destinasi grup pertama berawal dari wilayah Aceh hingga berakhir di Pontianak, Kalimantan Tengah. 
Grup kedua akan menyambangi Samarinda, Kalimantan Timur hingga DI Yogyakarta. Adapun grup ketiga memulai perjalanan dari Manado, Sulawesi Utara menuju Ambon serta grup terakhir akan menjelajah Merauke, Papua hingga Bali.
Bersamaan dengan rangkaian kampanye ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ itu, TikTok juga menggelar program pemberdayaan kreator di sejumlah daerah. Kegiatan yang dikemas dengan tajuk Serunya On The Road akan diselenggarakan di tiga kota yakni Semarang, Bali, dan Medan. 
Acara tersebut dimaksudkan mendorong lebih banyak konten dari kreator lokal, terkait potensi wisata baru di daerah asalnya. Kolaborasi pengembangan ekonomi kreatif melalui platform digital seperti TikTok, disebut Kemenparekraf menjadi agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia. 
Terlebih, program ini mencakup lima destinasi prioritas seperti Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Danau Toba, Sumatera Utara; Likupang, Sulawesi Utara; hingga Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related