Technology

Kampanye Tokopedia Kemenperin Dukung Industri Otomotif

Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian meluncurkan kampanye #GerakanOtomotifNasional. Kerja sama ini menghadirkan berbagai produk otomotif yang telah dikurasi di aplikasi Tokopedia.

Kerja sama ini merupakan bentuk inovasi di sektor otomotif dengan memanfaatkan sarana penjualan online serta menjadi cara untuk mendongkrak penjualan industri otomotif yag mengalami penurunan kinerja hingga 40% selama pandemi COVID-19. Program yang berlangsung dari 22-29 Juni 2020.

Pada tahun 2019, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, khususnya terhadap PDB non-migas sebesar 3,98%. Pandemi yang menyebabkan lanskap perekonomian berubah membuat industri ini harus mulai memanfaatkan platfom online untuk menjaga pertumbuhan usaha.

“Kampanye #GerakanOtomotifNasional bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung UKM lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus megembangkan usahanya walau di tengah pandemi melalui platform daring,” ujar Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasamita.

Menteri Agus menegaskan, adaptasi dan inovasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, serta mempersiapkan kebangkitan industri nasional dalam menggerakkan roda perekonomian di era normal baru. Saat ini, terdapat lebih dari 8,3 juta penjual di Tokopedia yang 94%nya berskala ultra mikro. Bertambah lebih dari 1,1 juta jika dibanding dengan Januari lalu yag mencatat 7,2 juta penjual.

“Pegiat usaha yang memiliki kanal pemasaran dari dinilai lebih tangguh, khususnya dalam menghadapi situasi pandemi seperti ini. Tokopedia pun akan terus memberikan panggung seluas-luasnya agar pengusaha lokal dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menjawab tantangan,” ungkap William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top