KB Bank Catat Pertumbuhan Kredit Rp 1,1 Triliun pada Q1-2024

marketeers article
Ilustrasi layanan KB Bank. (FOTO: KB Bank)

KB Bank mengumumkan pertumbuhan kredit baru sebesar Rp 1,1 triliun selama kuartal pertama tahun 2024. Pertumbuhan ini menandai peningkatan sebesar 114,3% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, dengan total kredit baru mencapai lebih dari Rp 2,0 triliun.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan, pertumbuhan kredit yang signifikan ini turut mendorong kenaikan pendapatan bunga bersih KB Bank sebesar 3,5% secara year-on-year. Selain itu, bank juga berhasil mengendalikan beban bunga dan operasional yang masing-masing turun sebesar 2,1% dan 12,4%.

Hal ini mengakibatkan peningkatan net interest margin menjadi 0,9% pada kuartal pertama 2024, naik dari 0,7% pada periode yang sama tahun lalu.

BACA JUGA: KB Bank Dapat Dana Segar US$ 300 Juta dari KDB

“Fokus utama kami adalah melakukan perbaikan fundamental sambil mendorong kinerja yang lebih baik. Rasio loan at risk kami terus membaik, dan kualitas aset dari kredit-kredit baru tetap terjaga,” ujar Robby dalam siaran pers kepada Marketeers, Jumat (31/5/2024).

Dalam hal kualitas kredit, perusahaan mencatat penurunan rasio kredit bermasalah atau loan at risk menjadi 34,3% pada kuartal pertama 2024, atau turun dari 50,3% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Hingga April 2024, rasio ini terus menunjukkan perbaikan hingga mencapai 26,9%. Sejak perusahaan menjadi pemegang saham pengendali pada akhir 2021, rasio ini telah menurun dari 65% menjadi sekitar 40% pada akhir tahun 2023.

BACA JUGA: Taktik Penjualan Bank KB Bukopin Sasar Gaya Hidup Nasabah

Selain fokus pada perbaikan fundamental, KB Bank juga menargetkan ekspansi kredit untuk meningkatkan kinerja tahun ini. Segmen korporasi atau wholesale diharapkan menjadi pendorong utama pertumbuhan ini, dengan menciptakan ekosistem bisnis yang mendukung segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ritel.

Berdasarkan rencana bisnisnya, perusahaan menargetkan untuk mencapai laba operasional sebelum pencadangan (pre-provision operating profit) yang positif pada tahun 2024, dan membukukan laba bersih pada tahun 2025.

Mengakhiri pernyataannya, Robby Mondong menyampaikan optimisme KB Bank dalam mencapai target-target pertumbuhan mereka di tengah dinamika ekonomi global dan domestik saat ini. “Kami tetap yakin dapat mencapai target-target pertumbuhan kami,” pungkasnya.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related