Kejar Ketertinggalan, Apple Diprediksi Akan Produksi iPhone Lipat

marketeers article
Ilustrasi produk iPhone. (FOTO: 123RF)

Banyak vendor smartphone menyasar segmen premium lewat produk smartphone lipat. Apple pun dikabarkan akan merilis iPhone lipat perdananya pada 2026 nanti.

Ramalan ini diutarakan oleh Jeff Pu, analis dari Haitong International Securities, yang merilis laporan tentang rencana Apple untuk memasuki pasar perangkat lipat. Menurut laporan yang dikutip dari PhoneArena pada Senin, (6/5/2024), Apple akan memulai produksi massal perangkat lipat berukuran 20,3 inch pada akhir tahun depan. Diyakini, perangkat itu merupakan sebuah MacBook yang mengandalkan layar lipat.

Setelah perangkat itu resmi dipasarkan, iPhone lipat menyusul untuk dipasarkan pada tahun 2026. Menurut Pu, Apple sedang mempertimbangkan dua ukuran layar dalam yang berbeda untuk iPhone lipat tersebut, yaitu 7,9 inch dan 8,3 inch. Laporan ini sejalan dengan laporan sebelumnya dari analis TF International, Ming-Chi Kuo.

BACA JUGA: Kompetisi Kian Ketat, Penjualan iPhone Turun 10%

Ada beberapa perbedaan prediksi soal kapan Apple akan merilis perangkat lipat pertamanya. Menurut Kuo, ia memperkirakan produksi massal perangkat lipat dari Apple akan dimulai pada tahun 2027.

Sementara Pu mengatakan bahwa iPhone lipat akan masuk ke produksi massal pada tahun 2026. Ross Young, CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC) yang terkenal akurat dalam bocoran informasi, juga telah memperkirakan bahwa Apple akan memproduksi perangkat lipat pada tahun 2026 atau 2027.

Selain analis, Mark Gurman dari Bloomberg, salah satu informan yang akurat seputar Apple, sebelumnya menyatakan bahwa raksasa teknologi tersebut sedang menjelajahi kemungkinan MacBook atau iPad lipat dengan dua layar.

BACA JUGA: Permintaan Sedikit, Apple Pangkas Produksi Vision Pro

Baru-baru ini, Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat atau United States Patent and Trademark Office (USPTO) menerbitkan aplikasi paten yang diajukan oleh Apple pada bulan Oktober. Hal itu pun merinci engsel yang akan digunakan dengan perangkat lipat Apple.

Catatan Pu menjelaskan mengapa jadwal perkiraan Apple akan memulai produksi massal perangkat lipatnya sedikit lebih awal daripada perkiraan Kuo dan Young. Pu mengatakan bahwa Apple telah melihat kondisi pasar yang meyakinkan berdasarkan pemeriksaan rantai pasokan.

Analis tersebut mengatakan bahwa perangkat lipat tersebut akan ditujukan untuk pasar ‘super mewah’. Jika kabar ini benar, maka Apple akan jadi salah satu perusahaan besar yang ikut meramaikan segmen perangkat lipat.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related