Lifestyle & Entertainment

Keluar dari Format Biasa, 10 Iklan Paling Banyak Ditonton di YouTube

Sumber: YouTube

Google baru saja merilis Papan Peringkat Iklan YouTube sepanjang Juli-Desember 2020. Di dalamnya terdapat 10 besar iklan yang bisa dilewati (skippable ads) dan konten bersponsor yang ditonton penuh oleh para audiens.

Popularitas dan promosi diyakini menjadi aspek penting yang membuat iklan dan konten tersebut disaksikan meski sebenarnya bisa dilewatkan. Namun hal lain yang menarik audiens untuk bertahan dan menyaksikan adalah narasi dari brand.

“Pada akhir tahun lalu, kami melihat jelas bagaimana brand, seperti DisneyPlus Hotstar, PocarilD, dan IM3 Ooredoo memanfaatkan kekuatan musik dan animasi untuk keluar dari format iklan biasa serta menarik perhatian lebih banyak orang,” jelas Creative Lead Google Indonesia Ishak Reza.

Mengutip data dari Comscore VMX pada September 2020, Head of Large Customer Marketing YouTube Muriel Makarim menjelaskan bahwa lebih dari 93 juta orang dewasa di Indonesia menonton video di YouTube setiap bulan. Artinya, ada peluang setiap iklan dan konten bersponsor ini mendapatkan audiens yang masif.

Ada tiga brand yang masuk ke daftar 10 besar untuk pertama kalinya yaitu DisneyPlus Hotstar, TMRW Indonesia, dan Kredivo. “Dari 30 detik hingga lebih dari delapan menit, seperti yang kita lihat dalam daftar 10 besar kali ini, pemasar memiliki fleksibilitas untuk menjangkau konsumen dengan berbagai cara,” tutur Muriel.

Berikut daftar 10 besar iklan yang paling disukai audiens YouTube selama enam bulan terakhir.

LinkIklan Brand
Durasi
Pilih semaumu, untuk semuaDisneyPlus Hotstar Indonesia0.30
Terbaru dari Sambal ABC: Cap Cip Top – Icap Icip NgetopABC Indonesia0.45
30 tahun #RambutTanpaBatas kita semua duta shampoo PantenePantene Indonesia1.00
Jangan #SetengahSetengahKredivo1.00
#BintangSMA2020 Sweat for dream!PocariID1.00
J3K: Agar nyaman dalam perjalanan pake GojekGojek Indonesia1.18
WIB spesial ulang tahun Tokopedia ke-11Tokopedia2.02
Make the change, make TMRW yours: Ubah banking jadi cara kitaTMRW Indonesia2.08
2020 membuat kita lebih kuat. Temukan 2021-muIM3 Ooredoo3.00
#MemilihMaju – Episode 1XL Axiata Tbk8.16
Sumber: YouTube

Untuk jumlah view dari setiap iklan sendiri terbilang bervariasi. Mulai dari sekitar satu juta hingga mencapai 90 juta view. Kembali lagi, hal ini tampaknya memegang peranan dari konten yang disajikan.

Iklan yang mengantongi view tertinggi dari 10 besar Papan Peringkat Iklan YouTube Juli-Desember 2020 adalah “2020 membuat kita lebih kuat. Temukan 2021-mu” yang diunggah IM3 Ooredoo pada 2 Desember lalu. Iklan ini mengantongi 93.318.082 views per 26 Januari 2021 (pukul 17:46 WIB).

Untuk iklan ini, IM3 Ooredoo berkolaborasi dengan Kunto Aji dan Nadin Amizah menyajikan lagu berjudul “Selaras”. Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, audiens dapat menikmati kisah dari sejumlah musisi Indonesia.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top