Kembangkan R&D, Telkom University Berkolaborasi dengan MultiIntegra

marketeers article
Telkom University Berkolaborasi dengan MultiIntegra. (FOTO: MultiIntegra)

Perkembangan industri teknologi dan informasi tentu membutuhkan pengembangan teknologi jaringan, software dan hardware. Hal itu pun mendorong Telkom University menjalin kolaborasi dengan MultiIntegra Technology Group.

Kerja sama ini sendiri menyepakati kolaborasi dalam bidang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya institusi.

Aloys Sutarto, CEO MultiIntegra Technology Group mengatakan, MultiIntegra awalnya hadir sebagai perusahaan system integrator. “Kini, kami juga memperluas cakupan di bidang penelitian dan pengembangan yang kemudian mampu menghasilkan produk secara mandiri,” kata Aloys Sutarto dalam siaran pers kepada Marketeers, Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA: Strategi Telkomsel Pastikan Kesuksesan Digital Marketing lewat 3 Fase

Selanjutnya, perusahaan menyadari, bidan riset dan pengembangan atau research and development (R&D) perlu menggandeng SDM yang ungggul. Karenanya, perusahaan pun memilih Telkom University sebagai mitra kerja sama.

Dengan kerja sama ini, diharapkan mahasiswa-mahasiswa Universitas Telkom memiliki kesempatan magang di MultiIntegra Technology Group. Selanjutnya, para pengajar juga bisa terlibat dalam industri untuk penelitian dan pengembangan.

Sebaliknya, para praktisi MultiIntegra Technology Group juga bisa membagikan pengalamannya ke Universitas Telkom.

“Jadi nanti kedua entitas juga bisa melakukan research bersama. Ditargetkan, dalam lima tahun ke depan kerja sama ini bisa menelutkan produk yang mampu bersaing dengan produk luar negeri sehingga menjual ke pangsa global yang marketnya sangat terbuka,” ujar dia.

BACA JUGA: Riset: Permintaan Karyawan yang Bisa Pakai AI Naik 2.000%

Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si, Rektor Universitas Telkom mengungkapkan kolaborasi ini merupakan suatu aksi nyata yang sangat produktif. Mengingat, Universitas Telkom sangat membutuhkan dukungan dan kerja sama dari perusahaan-perusahaan.

Bentuk dukungan tersebut salah satunya dari MutiIntegra Technology Group. Ia menekankan, ini merupakan kerja sama yang sangat membanggakan karena 40% pegawainya adalah software dan hardware engineer, direktur dan managernya juga merupakan lulusan dari Universtias Telkom.

“Bicara Universitas Telkom ini komplit, semua expert yang dibutuhkan oleh PT MultiIntegra atau perusahaan sejenis ada disini. Kolaborasi ini pun selaras dengan komitmen Universitas Telkom untuk terus berbenah dan ingin lebih dekat dengan industri usaha agar lulusan nantinya siap berkarya,” kata Adiwijaya.

Related