Digital

Kembangkan Vtube, Dwilaksono Prabowo Buka Keran Kreativitas Karyawan

Foto: Direktur PT Future View Tech Dwilaksono Prabowo

Platform social media advertising Vtube memiliki perjalanan yang tidak mudah di Indonesia. Sempat dihentikan izin operasionalnya, kini Vtube mengantongi izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dan, di bawah naungan PT Future View Tech (FVT) siap mengekspansikan bisnisnya.

Salah satu sosok yang bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis Vtube di Indonesia adalah Dwilaksono Prabowo, Direktur PT FVT. Bagi Prabowo, kreativitas menjadi fondasi penting untuk membesarkan bisnisnya. Untuk itu, seluruh talenta di Vtube diberi kebebasan untuk menunjukkan kreativitas mereka.

“Vtube merupakan aplikasi media sosial periklanan. Kami menggabungkan fitur-fitur yang ada di media sosial dengan platform periklanan, konsep ini yang kami sebut sebagai social advertising,” ujar Prabowo kepada Marketeers.

Di Vtube, para pengguna bisa berbagi konten, seperti media sosial pada umumnya tapi di antara konten-konten tersebut terdapat iklan. Apabila para pengguna menonton iklan tersebut dengan mekanisme tertentu, misalnya iklan tidak boleh di-skip, pengguna akan mendapatkan reward. Reward didapat karena Vtube menawarkan sistem profit sharing bagi para pengguna yang membantu perusahaan menaikkan traffic iklan.

Profit tersebut didapat dari para brand besar, agensi periklanan, atau UKM yang menaruh iklan mereka di Vtube. Jadi kalau media sosial lain iklannya di-skip, iklan di Vtube justru ditunggu oleh pengguna. Bagi para pemasang iklan, khususnya UKM, Vtube bisa menjadi pilihan untuk mempromosikan bisnis mereka.

“Iklan di Vtube lebih mudah dan lebih menguntungkan tanpa menurunkan kinerja iklannya. Kekuatan kami ada pada jumlah komunitas yang telah tergabung di Vtube. Hingga Januari 2021, lebih dari 11 juta pengguna kumulatif sudah kami catatkan. Dengan jumlah pengguna Vtube yang tersebar, pemasang iklan dapat menentukan target audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahkan interest,” tambah Prabowo.

Terbaru, Vtube meluncurkan versi Vtube 3.0. Sistem Vtube 3.0 didesain ketat untuk menjaga keamanan data dan transaksi. Vtube 3.0 juga memperkaya layanannya dengan fitur-fitur baru seperti game dan academy.

Vtube berharap tahun ini dapat menjangkau semua daerah di Indonesia. Perusahaan juga ingin berkontribusi kepada pengguna dan pelaku UKM sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Saat ini, Vtube sudah membukukan sekitar 1.800 UKM yang memasang iklannya di Vtube. Untuk mewujudkan target tersebut, Prabowo sebagai pengambil keputusan percaya bahwa kerja sama tim adalah kunci dari kesuksesan.

“Saya tidak pernah membatasi team saya untuk berinovasi dan mengembangkan kreativitas demi mencapai tujuan yang sama. Saya percaya, aset terbesar dari suatu perusahaan adalah sumber daya manusianya. Selain itu, dalam memimpin tim ini saya kerap merangkul mereka dan membangun komunikasi yang baik sebagai kunci utama tercapainya tujuan dari setiap divisi,” tutup Prabowo.

MARKETEERS X








To Top