Government & Public Services

Kemenparekraf Dorong Kolaborasi Sentra Vaksinasi

Sumber foto: Traveloka

 

Pandemi COVID-19 yang hingga kini belum usai mendorong beragam kolaborasi. Seperti yang ditunjukkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) bersama MNC Peduli, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center yang bekerja sama menghadirkan sentra vaksinasi COVID-19.

“Vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama untuk dapat menangani pandemi COVID-19. Untuk itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak dan melakukan kolaborasi lintas sektor guna mempercepat distribusi vaksin di tanah air,” jelas Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Sentra vaksinasi COVID-19 yang diadakan oleh keenam lembaga tersebut berlokasi di Kawasan MNC Center Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan Kawasan MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Layanan vaksinasi ini berlangsung selama lima hari yaitu dari 23-27 Juli 2021 dari pukul 08.00-15.00 WIB untuk penyuntikkan dosis pertama. Sedangkan penyuntikkan dosis kedua dilakukan pada 20-24 Agustus mendatang. 

Sentra vaksinasi ini terbuka untuk masyarakat umum. Calon pendaftar cukup mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin dengan menunjukkan kartu identitas resmi tanpa syarat domisili. Jika ingin lebih mudah, Traveloka menyediakan layanan lewat aplikasi dengan memilih produk Traveloka Xperience. 

“Guna mematuhi protokol kesehatan, kami menyediakan kemudahan sistem registrasi secara daring sehingga penjadwalan vaksinasi dapat terlaksana lebih baik. Pengguna dapat memilih hari dan jam vaksin yang diinginkan,” ungkap Co-Founder Traveloka Albert. 

Melalui sentra vaksinasi ini, diharapkan sebanyak 6.000 orang dapat menerima vaksin selama periode pertama pelaksanaan. Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengaku senang bisa berpartisipasi dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia. 

Dalam pelaksanaannya, sentra vaksinasi ini diawasi oleh Doktora Clinic dan GBI Glow Fellowship Center yang bekerja sama dalam hal pengadaan kebutuhan medis dan tenaga kesehatan. 

“Kami menggandeng tim Nakes dari Persatuan Dokter Glow Fellowship Center. Untuk keperluan alat medis, pengolahan limbah medis dan SOP pelaksanaannya di bawah pengawasan pihak kami, guna memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini dapat berjalan sesuai standar medis dan lancar,” ujar CEO Doktora Clinic Fransisca Tobing.

Fransisca berharap melalui program ini masyarakat bisa memanfaatkan layanan gratis ini. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini mengingat telah diberlakukannya kebijakan penghapusan surat keterangan domisili sehingga masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi dengan mudah.

MARKETEERS X








To Top