Government & Public Services

Kemitraan Pemerintah-Swasta Gaungkan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Sepanjang pandemi COVID-19 merebak, Presiden RI Joko Widodo berkali-kali melontarkan pernyataan perang melawan pandemi. Pemerintah juga telah menggulirkan berbagai kampanye, seperti kampanye penggunaan masker di bulan Agustus, lalu kampaye jaga jarak pada September lalu.

Pada bulan Oktober ini, pemerintah kembali menggelar kampanye penggunaan sabun untuk cuci tangan. Kampanye nasional Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada bulan ini bertepatan dengan Hari CTPS sedunia, yakni tanggal 15 Oktober.

Agar kampanye ini lebih menggaung, pemerintah dan swasta membentuk Kemitraan Swasta-Pemerintah untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS). Kemitraan ini mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergabung untuk menjadikan kebersihan tangan dapat dilakukan semua orang.

Berbagai kegiatan promosi kesehatan, khususnya perubahan perilaku bersih dan sehat, termasuk CTPS telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. Di antaranya menggelar webinar bertema Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

“Saya meminta semua kementerian/lembaga dan mitra untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, saat webinar, Kamis (15/10/2020).

Ia juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya. “Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman COVID-19 dan penyakit menular lainnya,” tegas Terawan. 

Sejumlah menteri juga  ikut berpartisipasi dalam Seruan Aksi Nasional “Tangan Bersih untuk Semua”. Di antaranyta, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Agama Fahcrul Razi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Abdul Halim Iskandar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Para menteri akan mengajak semua pemangku kepentingan di kantor kementerian dan juga mitra pembangunan serta pengambil keputusan untuk membantu kampanye cuci tangan pakai sabun di ruang lingkup kerja masing-masing.

MARKETEERS X








To Top