Lifestyle & Entertainment

Kenali Konsep Lagom, Gaya Hidup Ala Swedia untuk Gaya Hidup Seimbang

SUMBER: 123RF

Menjalankan gaya hidup seimbang di zaman modern menjadi harapan banyak orang. Salah satu cara yang dianggap efektif untuk mendapatkannya adalah mengaplikasikan konsep lagom. Apa itu lagom?

Dalam bahasa Swedia, lagom berarti tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak (secukupnya). Penulis keturunan Swedia-Amerika Anna Brones dalam bukunya Live Lagom: Balanced Living the Swedish Way menyarankan agar lagom diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, masyarakat Swedia yang menerapkan prinsip lagom ini menekankan work life balance. Mereka percaya bahwa pekerjaan adalah bagian penting dari kehidupan tetapi tidak membiarkannya menjadi fokus utama dalam hidup sampai urusan lainnya terbengkalai.

Konsep lagom juga dapat diartikan seperti menyederhanakan kehidupan, menjauhkan diri dari stres, dan berusaha memampukan diri untuk hidup seimbang agar lebih bahagia. Karena, pada dasarnya konsep ini dapat masuk ke kegiatan apa saja bahkan mulai dari makan dan bersantai.

Anda bisa menerapkan konsep ini secara perlahan dimulai dengan introspeksi diri dan memahami diri Anda lebih dulu. Misalnya, saat Anda tidak menyukai suatu hal tetapi harus menyelesaiknnya. Maka lakukan hal tersebut dalam porsi kecil, pelan-pelan namun pasti dan selesai dengan baik.

Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana yang membuat Anda senang atau bahagia. Contohnya ketika sudah menyelesaikan suatu pekerjaan, beritirahatlah. Itu memang terdengar biasa dan sederhana tetapi sangatlah berarti bagi diri sendiri.

Jika sudah bisa menerapkan lagom, bisa jadi Anda akan menemukan work life balance. Proses awal mungkin tidak mudah tapi akan sepadan dengan kebahagiaan dan kepuasan hidup yang akan Anda rasakan.

Menyadari banyaknya keinginan untuk mendapatkan gaya hidup seimbang dari masyarakat. Sequis pun berupaya menghadirkannya dalam layanan mereka, MiPOWER by Sequis.

“MiPOWER by Sequis berinisiatif membentuk komunitas Financial Consultant untuk milenial yang ingin mendapatkan pendapatan yang tak terbatas, bebas berekspresi, aktualisasi diri, tanpa dibatasi waktu bekerja, dan tentunya dapat meraih work life balance yang merupakan kunci dari gaya hidup lagom,” ujar Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis Ivan Christian Winatha.

Ia menambahkan bahwa tidak hanya menawarkan karier, MiPOWER juga dapat membantu milenial untuk tumbuh menjadi pribadi yang optimis, kaya pengetahuan, serta menjadi wadah bagi mereka untuk bekerja efektif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitar.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top