Media

Ketika Kampus Butuh Layanan Chatbot Untuk Mahasiswa

Kampus sebagai salah satu wadah generasi muda berkumpul harus bisa menangkap rangkaian aspirasi generasi muda. Hal ini diwujudkan oleh Unika Atma Jaya dengan menghadirkan dua produk digital Savira dan AtmaZeds.

Kedua produk adalah jembatan bagi generasi milenial yang digital native hingga para orang tua, dewasa muda, dan profesional. Bagi Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A.Prasetyantoko, dua produk tersebut sebagai Atma Jaya untuk tetap relevan dengan lingkungannya.

“Gen C atau the connected generation bukanlah kaum muda saja. Gen C melintas batas usia dan membentuk komunitas yang terhubung satu sama lain melalui—pada umumnya—media digital,” tuturnya.

Savira atau SAhabat VIRtual Atma, atau dalam bahasa Sansekerta juga berarti “teristimewa” merupakan chat bot dari Unika Atma Jaya bagi pelanggan, calon mahasiswa, orang tua, dan mahasiswa Unika Atma Jaya. Savira diciptakan dengan semangat untuk melayani kebutuhan informasi terkait pendaftaran mahasiswa baru maupun pertanyaan mengenai proses administrasi akademik bagi pelanggannya.

Sementara, AtmaZeds adalah kursus daring yang terbuka untuk umum dan saat ini telah berisi enam modul dari beragam bidang dan dapat diakses secara bebas.

Enam pilihan modul tersebut, antara lain Basic psychometrics for non-psychometricians (Fakultas Psikologi), Understanding special needs children (Fakultas Psikologi), dan Elderly care and people with dementia at home (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan). Kemudian R Software for Financial Data Analysis (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Computational Thinking (Fakultas Teknik), dan Communicating Science through the Art of Blogging (Fakultas Teknobiologi).

Bagi Elisabeth Rukmini, Wakil Rektor Unika Atma Jaya, kehadiran AtmaZeds sebagai massive open and online course (MOOC) merupakan satu respon penting Unika Atma Jaya bagi kebutuhan belajar para mahasiswa.

Dalam rencana tahun 2019, pengembangan Savira dan AtmaZeds merupakan fokus yang terus digarap oleh Unika Atma Jaya. Savira akan diarahkan sebagai personal coaching bagi pelanggannya terutama mahasiswa Unika Atma Jaya. Sementara AtmaZeds akan berisi modul-modul inovatif yang lintas ilmu sehingga menjadi wadah kolaborasi antar institusi dalam dan luar negeri.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top