Kini Google News Hadir dengan Tampilan Desktop Barunya

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
22 Juni 2022
marketeers article
Tampilan Baru Google News (Foto: Google News)
Google News memperbarui situs desktop-nya dengan desain baru yang memberikan kesempatan pada pengguna untuk mencari berita global dan lokal dalam satu layar. Dalam desain baru ini, Your Briefing, Local News, dan Top Picks akan berada di satu halaman pada kolom yang berbeda sehingga lebih mudah untuk mengikuti berita yang diminati.
Saat ini, jika pengguna masuk ke Google News, bagian headline akan ditampilkan terlebih dahulu bersamaan dengan widget cuaca di bagian samping. Bagian lain seperti World, For You, dan Local News dapat diakses dengan cara gulir ke bawah atau klik topik dari bilah sisi.
Desain baru ini memindahkan semua topik dari bilah sisi ke bagian atas layar sehingga dapat mengakomodasi kolom lain seperti Local News dan Top Picks secara optimal. Widget cuaca pin akan menempati ruang kecil di kanan atas layar. Google mencoba menawarkan suasana saat sedang membaca koran atau majalah, namun melalui situs web desktop.
“Perubahan ini hanyalah cara terbaru kami membawa berita lokal kepada pengguna di seluruh dunia. Tahun lalu, kami memperluas fitur di Google Penelusuran sehingga pembaca di seluruh dunia kini dapat melihat seputar berita lokal saat Google menemukan liputan berita lokal yang relevan dengan kueri mereka. Ini membantu mereka dengan mudah menemukan berita dari penerbit berita lokal,” tulis perusahaan dikutip dari TechCrunch.
Selain itu, pengguna dapat mengklik tombol customize di sebelah bagian Your Topics untuk memilih topik yang ingin dilihat di beranda serta menata urutannya. Google News dengan desain baru ini juga menampilkan bagian Fact Check yang kini dapat menunjukkan klaim asli dan penilaian terverifikasi untuk konteks lebih lanjut. 
Sejauh ini, Google News sudah hadir di 125 negara dan 40 bahasa. Setiap bulannya, perusahaan mencatat mampu menembus 24 miliar klik ke situs web penerbit. 
Sebagai informasi, Google juga sedang membuka aplikasi untuk News Equity Fund. Sebuah pemberian untuk jurnalis independen atau organisasi berita guna memproduksi cerita asli.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related