Career

Kisah Martyna Malinowska, Perempuan Inspiratif Polandia yang Sukses di Asia

Martyna Malinowska, Co-Founder GajiGesa

Martyna Malinowska sukses meniti karier di Indonesia dengan mendirikan startup GajiGesa bersama Vidit Agrawal. GajiGesa dikembangkan sebagai platform benefit employee yang menargetkan para blue collar employees. Perempuan kelahiran Polandia ini menilai bisnis model semacam ini menjadi sesuatu yang baru di Asia, termasuk di Indonesia. 

Ide usaha ini tidak lahir dalam semalam. Perempuan yang punya segudang pengalaman ini dikenal cukup peka terhadap lingkungan sekitarnya. Rasa empati yang bercampur keingintahuan mengantar Martyna hingga di posisinya sekarang. 

Melihat perjalanannya, saat di Polandia, Martyna tergerak ketika melihat kemiskinan di sekitarnya. Ia juga banyak menemui permasalahan yang berbeda di bidang perbankan. Berangkat dari alasan tersebut, Martyna bertekad untuk memberikan pemikirannya kepada orang lain. 

Jiwa petualang yang dimiliki Martyna pun mengantarkannya ke luar Eropa, hingga ke Asia. Tercatat, Martyna telah berkecimpung di industri keuangan dan teknologi Asia selama sekitar 10 tahun. 

Martyna diketahui pernah menghabiskan waktu tiga tahun di UBS Investment Bank dan setahun di JPMorgan Chase & Co. Bersamaan dengan itu, ia juga aktif menjadi konsultan di MICRA Foundation yang bertugas menarik investasi internasional masuk ke micro finance di Indonesia.

Selepas dari JPMorgan, Martyna melanjutkan perjalanannya di sebuah perusahaan fintech, LenddoEFL. Menghabiskan tiga setengah tahun waktunya di perusahaan tersebut, Martyna berperan aktif dalam mencipatkan teknologi untuk menjangkau segmen yang kurang terlayani.

Selanjutnya, pada November tahun 2020 Martyna mendirikan GajiGesa. Berbekal segudang pengalamannya, ia bersama Vidit Agrawal mendirikan GajiGesa yang fokus menggarap Earned Wages Access (EWA). Menariknya, mayoritas pengguna GajiGesa saat ini adalah perempuan.

“Saya dilahirkan dan dibesarkan di keluarga entrepreneur. Ayah saya adalah sosok yang saya jadikan role model dalam perjalanan karier. Keluarga adalah hal terpenting karena mereka adalah support system yang paling ideal,” ujar Martyna Malinowska, Co-Founder GajiGesa kepada Marketeers

Dalam perjalanan hidupnya, Martyna menyebutkan ada tiga pencapaian terbesar bagi dirinya. Ketiga pencapaian besar itu meliputi ketika ia mampu meninggalkan Eropa menuju Asia dengan kata lain meninggalkan zona nyaman, memberikan kesempatan bagi lebih dari 50 orang untuk bekerja, serta berhasil menciptakan social impact di Indonesia.

Perjalanan karier Martyna sukses mencetak pribadi yang kuat. Ia diketahui sering bekerja dengan orang-orang yang berasal dari beragam latar belakang dan kultur. Menurutnya, hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri untuk beradaptasi. Ia juga tidak sungkan untuk meminta advice kepada orang lain demi kebaikan dirinya. 

“Satu kata yang menggambarkan saya adalah curious. Saya adalah orang yang penuh rasa penasaran dan suka mempelajari hal-hal baru, termasuk belajar ilmu keuangan, belajar di luar Polandia, hingga penasaran terhadap orang-orang di sini,” tutup Martyna.

The Latest

To Top