KoinLearn Kembangkan Potensi UKM Lewat Konten Pembelajaran Gratis

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
03 Oktober 2022
marketeers article
Jonathan Bryan, Chief Platform Officer KoinWorks dalam acara peluncuran KoinLearn. | Foto: Clara Ermaningtiastuti (Marketeers)

Pemerintah terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) untuk tumbuh dan berkembang di masa pemulihan pascapandemi COVID-19. Namun, nyatanya masih banyak dari mereka yang mengalami kesulitan.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai peluang oleh KoinWorks untuk meluncurkan platform edukasi, KoinLearn.

“Kami melihat ada satu poin penting yang bisa membantu UKM, yaitu masuk ke ranah digital. Namun, untuk memaksimalkan potensi yang ada, mereka harus meningkatkan kemampuan terlebih dulu,” kata Jonathan Bryan, Chief Platform Officer KoinWorks pada acara peluncuran KoinLearn (27/09/2022).

Jonathan menjelaskan dengan berbagai perubahan yang ada saat ini UKM harus tanggap dan cepat beradaptasi untuk mengembangkan bisnis. Contohnya, dulu mereka harus bertemu dulu dengan konsumen untuk melakukan branding tetapi sekarang tidak.

Branding dapat dilakukan melalui saluran digital. Nah, ilmu branding seperti inilah yang dianggap tak bisa didapatkan semua orang dengan mudah.

Sebab itu, KoinLearn hadir sebagai platform untuk membantu UKM naik kelas. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan digitalnya.

“Banyak materi yang kami siapkan seperti bagaimana menjalankan bisnis dengan baik, mengelola media sosial, marketing, dan apapun yang bisa dilakukan untuk memajukan bisnis,” ujar Jonathan.

Materi-materi pembelajaran yang ada di KoinLearn dirancang khusus agar sesuai dengan kebutuhan UKM. Materinya pun dibuat singkat atau bite sized agar mudah dimengerti.

Selain itu, konten pembelajaran gratis ini juga bebas diakses dalam satu klik. Harapannya dengan platform KoinLearn ini, para UKM bisa tumbuh lewat peningkatan penjualan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related