Digital

Kolaborasi Gojek dan Kominfo untuk Percepatan Transformasi Digital

SUMBER; GOJEK

Gojek mengukuhkan dukungan terhadap misi percepatan transformasi digital pemerintah melalui penandatanganan kesepakatan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kolaborasi keduanya akan fokus pada edukasi dan pelatihan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) serta masyarakat luas.

Jika dijabarkan ada tiga area yang menjadi perhatian dari kesepakatan Gojek dan Kominfo. Pertama, yaitu akselerasi kompetensi SDM digital. Kedua, peningkatan literasi digital kepada masyarakat. Dan, ketiga, percepatan transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis.

Dukungan Gojek ini sejalan dengan upaya percepatan penerapan Peta Jalan Indonesia Digital tahun 2021-2024 yang dicanangkan Kominfo. Ada empat pilar untuk pelaksanaan transformasi digital yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Dan, untuk mendorong hilirisasi atau pemanfaatan teknologi digital, Kominfo secara konsisten memberikan rangkaian pelatihan berbasis digital kepada masyarakat, dan dalam pelaksanaannya menggandeng berbagai pihak, mulai dari instansi pemerintah, pelaku usaha termasuk platform digital, akademisi, komunitas, hingga media.

“Gojek melalui ekosistemnya terus mendorong transformasi digital di berbagai lapisan serta aspek kehidupan masyarakat, dan di tengah pandemi COVID-19, kami semakin proaktif melakukan percepatan digitalisasi, mulai dari mendukung UMKM bermigrasi dengan mudah ke ranah digital, meningkatkan kompetensi digital talent, hingga mengedukasi masyarakat tentang cara memanfaatkan teknologi digital dengan aman,” tutur CEO dan Co-Founder Gojek Kevin Aluwi.

Ia menambahkan bahwa inisiatif yang dilakukan Gojek saat ini merupakan upaya untuk mendorong berbagai elemen di dalam dan di luar ekosistem kami untuk dapat tidak hanya bertahan tetapi juga terus tumbuh di masa pandemi. Dengan makin dikukuhkannya kolaborasi strategis antara Gojek dengan Kominfo, Gojek berharap dapat menjadi mitra pemerintah dalam rangka memaksimalkan potensi Indonesia sebagai digital economic powerhouse di Asia Tenggara.

The Latest

To Top