Technology

Kolaborasi Google dan Apple Lacak COVID-19

SUMBER: APPLE

Angka penyebaran COVID-19 di seluruh dunia terus meningkat setiap harinya. Menyadari hal ini, tidak sedikit perusahaan teknologi yang berusaha berkontribusi untuk melawan merebaknya virus ini.  Tidak ketinggalan, dua perusahaan raksasa teknologi, Google dan Apple.

Kedua perusahaan ini mengumumkan kerja sama mereka untuk mengembangkan sistem pelacakan kontak untuk mendeteksi penyebaran COVID-19 di masyarakat.  Dalam kolaborasi Google dan Apple, pengguna ponsel nantinya bisa membantu pemerintah dan lembaga kesehatan melacak adanya kontak dengan penderita COVID-19

 “Kami dari Apple dan Google yakin tidak ada momentum yang lebih penting dari bekerja sama untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi di seluruh dunia saat ini. Dengan kolaborasi bersama pengembang, pemerintah, dan penyedia layanan kesehatan, kami berharap teknologi dapat membantu banyak negara di dunia untuk memperlambat penyebaran COVID-19 dan mempercepat pemulihan kehidupan sehari-hari,” tulis kedua perusahaan dalam pernyataan gabungan mereka, dilansir dari Hypebeast.

Kerja sama ini akan berlangsung dalam dua tahapan. Pertama, Mei mendatang, Google dan Apple akan merilis application programming interfaces (API). Sistem yang dikembangkan ini akan digabungkan dengan aplikasi kesehatan yang ada pada perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini bisa diunduh langsung di app store masing-masing.

Kedua, Google dan Apple akan bekerja sama untuk mengembangkan platform berbasis bluetooth untuk melacak kontak dari penderita COVID-19. Dengan platform ini diharapkan akan ada lebih banyak orang yang terlibat di dalamnya dan akan membantu mengembangkan ekosistem aplikasi kesehatan yang sudah ada.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top