Kolaborasi Jadi Langkah Strategis Jasindo Wujudkan Digitalisasi Layanan

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
02 Agustus 2022
marketeers article
Asuransi Jasindo menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk digitalisasi layanan (Sumber: Asuransi Jasindo)
Asuransi Jasindo kembali menekankan komitmennya untuk menghadirkan inovasi dalam pelayanan kepada tertanggung dengan melakukan digitalisasi. Digitalisasi layanan tersebut diwujudkan melalui kerja sama strategis dengan beragam platform digital demi memberikan kemudahan akses bagi masyarakat terhadap produk-produk Asuransi Jasindo.
Dalam keterangan tertulis perusahaan, Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo Cahyo Adi mengungkapkan bahwa Asuransi Jasindo terus berupaya menerapkan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dalam melakukan digitalisasi.
“Asuransi Jasindo terus berupaya untuk dapat menciptakan ekosistem digital yang baik dengan cara penerapan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0). Hal ini diwujudkan melalui produk dan layanan yang berbasis pada kustomisasi produk, layanan berbasis data serta produk cerdas,” kata Cahyo.
Dalam menjalankan upaya digitalisasi tersebut, Asuransi Jasindo telah menjalin kerja sama dengan beberapa platform digital hasil karya anak bangsa. Salah satu kerja sama yang dijalin Asuransi Jasindo adalah dengan aplikasi Protan. Kerja sama dengan Protan dilakukan untuk memudahkan petani melakukan klaim Asuransi Usaha Tani Padi secara real time yang menggunakan layanan GPS sebagai koordinat penentuan luas wilayah perlindungan.
Tidak hanya Protan, Asuransi Jasindo yang tergabung dalam holding asuransi BUMN Indonesia Financial Group (IFG) juga telah memanfaatkan ekosistem IFG. Asuransi Jasindo bekerja sama dengan aplikasi EASY dan ONE by IFG yang saat ini masih dalam proses pendaftaran di OJK. 
“Melalui aplikasi EASY, masyarakat dapat membeli langsung produk asuransi yang mereka butuhkan, seperti asuransi perjalanan, asuransi micro, asuransi rumah dan lainnya tanpa harus datang ke kantor,” jelasnya.
Selain aplikasi, upaya digitalisasi yang dilakukan Asuransi Jasindo adalah dengan memiliki layanan yang dapat mempermudah masyarakat melalui platform website seperti, Jasindotravel.co.id. Platform ini memungkinkan masyarakat untuk membeli produk Jasindo Travel Insurance dengan manfaat perlindungan hingga internasional dan E-Marine. E-Marine ini dapat digunakan untuk penutupan asuransi pengangkutan baik menggunakan moda transportasi laut, darat dan udara yang terintegrasi dengan dukungan reasuransi nasional.
“Kami berharap, aplikasi-aplikasi dan layanan digital Asuransi Jasindo ini dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan perasuransian bersama kami,” tutur Cahyo.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related