Kolaborasi Jadi Strategi Merek Lokal Bertahan di Berbagai Kondisi

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
29 September 2022
marketeers article
Kolaborasi antarmerek lokal menjadi strategi yang banyak dilakukan di Tanah Air. | Foto: Ilustrasi 123RF

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pelaku usaha putar otak untuk bisa bertahan. Tidak terkecuali merek-merek lokal di Tanah Air yang gencar melakukan banyak strategi.

Salah satu yang sering dilakukan adalah berkolaborasi antarmerek. Kolaborasi dinilai menjadi strategi cerdas untuk memperluas jangkauan pasar dan pelanggan.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi Nyonya Nursing Wear dan Adeola Scarf dengan lini bisnis berbeda untuk berkolaborasi. Masing-masing mengeluarkan lini produk yang berbeda.

Untuk Nyonya Nursing Wear, mereka memperkenalkan koleksi pakaian seperti tunik, dress, blouse untuk ibu hamil dan menyusui. Sementara itu, Adeola Scarf meluncurkan hijab segi empat dengan motif bunga heliotrope dengan enam variasi warna.

Bunga ini melambangkan kasih sayang ibu. Sebab itu, hasil kolaborasi keduanya diberi nama MORA yang berarti ibu dalam Bahasa Norwegia.

“Kolaborasi ini sebagai salah satu strategi kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta menjangkau pelanggan yang lebih beragam. Kami juga menyadari penuh bahwa untuk bertahan di tengah ketidakpastian, merek lokal sudah semestinya saling bergandengan tangan untuk mempromosikan kualitas produk,” ujar Dwi Yulia Nurbani, Founder Nyonya Nursing Wear dalam pernyataan resmi yang diterima Marketeers.

Ketika melakukan kolaborasi antarmerek, keduanya punya peluang untuk sama-sama untung (win-win). Karena itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, kolaborasi haruslah saling membantu inovasi dan network keduanya. Ketika dua brand saling berkolaborasi, ide baru dan kreativitas akan tercipta saat mereka berbagi strategi pemasaran.

Merek bisa saling belajar dan berbagi network dalam kampanye pemasaran mereka. Kedua, dengan kolaborasi yang dijalankan dengan benar, kedua merek bisa meningkatkan penjualan mereka.

Sebab itu, penting untuk memastikan bahwa merek memiliki nilai yang sama. Pastikan audiens masing-masing datang dari segmen yang sama.

Pasalnya, penting untuk memiliki koneksi untuk menciptakan sinergi yang hasilnya dapat meningkatkan penjualan.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan Nyonya Nursing Wear. Kolaborasi ini memperlihatkan semangat gotong-royong merek lokal dalam meningkatkan eksistensi di pasar Indonesia,” tutur Novie, Founder Adeola Scarf.

Ia menambahkan pada kolaborasi ini mereka merancang pola dan konsep yang melambangkan kasih sayang ibu dengan warna-warna pastel lembut dan earth tone. Scarf yang diluncurkan didesain agar cocok untuk dipadupadankan dengan koleksi baju yang diluncurkan Nyonya Nursing Wear.

Pada koleksi ini Nyonya Nursing Wear menggunakan bahan rayon popcorn agar nyaman digunakan ibu hamil dan menyusui. Masing-masing koleksi dirancang memiliki katup yang memudahkan ibu dalam proses menyusui. 

Koleksi kolaborasi ini akan hadir dalam dua seri. Masing-masing diluncurkan pada September  dan Oktober 2022. Koleksi ini sudah bisa didapatkan di marketplace Shopee dan Tokopedia serta situs resmi Nyonya Nursing Wear dan Adeola Scarf dengan harga mulai dari Rp 259.000 sampai Rp 355.000.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related