Kolaborasi Microsoft Excel dan EVE Online Beri Kejutan Unik

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
11 Mei 2022
marketeers article
SUMBER: TWITTER/EVEONLINE
EVE Online, massively multiplayer online game (MMO) sci-fi yang dikenal karena pertempuran ruang angkasanya, segera mendapatkan integrasi dengan Microsoft Excel. Pengumuman ini disampaikan oleh developer game EVE Online, CCP Games, melalui acara FanFest 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 7 Mei lalu.
Dilansir dari The Verge, CCP Games menerangkan bahwa alat Javascript akan memungkinkan pemain untuk mentransfer data dari game ke spreadsheet guna membantu pemain mengakses dan menghitung semuanya, mulai dari margin keuntungan hingga strategi pertempuran.
Creative Director CCP Games Bergur Finnbogason, menyampaikan bahwa kolaborasi antara EVE Online dan Microsoft Excel bertujuan untuk membangun jalan dalam pembentukan kumpulan informasi serta budget pemain.
“Hanya dengan memberikan akses simple terhadap data Eve Online, kami juga akan menyediakan taman bermain yang bisa membantu pemain dalam alat di fitur sandbox,” ujar Finnbogason.
CCP telah membantu pemain yang terobsesi terhadap data dengan laporan bulanan berisi grafik tentang segala hal mulai dari produksi penambangan sumber daya hingga hadiah NPC regional. Ini semua adalah bagian dari upaya perusahaan dalam dua dekade terakhir yang berkelanjutan dan sangat sukses mengelola nilai ekonomi dalam game yang kompleks.
Kolaborasi yang menciptakan “spreadsheets in space” ini menghadirkan fitur baru yang ditambahkan ke server pengujian game dan membuat pemain dapat menghapus komponen visual 3D dari layar. Fitur ini dimaksudkan untuk mengurangi beban grafis pada PC pemain selama pertempuran pemain besar EVE, yang dapat melihat lebih dari 6.000 pemain individu di area yang sama. Dengan dapat menghapus adegan 3D dengan cepat, pemain EVE akan dapat memastikan bahwa mereka tidak kehilangan kinerja apa pun.
Dengan kata lain, fitur ini akan sangat membantu bagi pemain yang bermain dengan mode ‘multibox’ game, atau menjalankan beberapa klien di PC yang sama pada saat yang sama selama pertempuran. Di sisi lain, integrasi Microsoft menjadi langkah lain menuju tujuan CCP untuk membuat MMO lebih mudah diakses baik untuk pemain baru dan yang sudah berpengalaman. 
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related