Digital

Kolaborasi Midtrans dan AWS Bantu UKM Adopsi Cloud

SUMBER: AWS

Amazon Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan kolaborasi bersama perusahaan payment gateway yang merupakan bagian dari Gojek Group, Midtrans. Kerja sama kedua pihak ini menghasilkan platform terbaru yaitu Pojok Usaha.

Platform ini mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) untuk penyederhanaan dalam pengadopsian teknologi. Sehingga, UKM bisa mendapatkan layanan cloud dari AWS serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrans maupun mitra teknologi yang bekerja sama dengan keduanya.

“Kehadiran solusi-solusi bisnis melalui Pojok Usaha memudahkan pelaku UKM dalam mendigitalisasikan operasional, memperkokoh dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka, terlepas dari skala bisnis yang mereka jalankan,” tutur Chief Operating Officer Midtrans Leonard Haidy.

Solusi yang dihadirkan melalui platform Pojok Usaha sendiri dikelola oleh Midtrans dan menawarkan beragam solusi relevan, terjangkau, dan telah terkurasi. Layanan yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan UKM untuk area seperti marketing, akuntansi, SDM, logistik, pembayaran, Point of Sale (POS), serta kolaborasi daring.

Sejumlah layanan AWS bagi UKM yang tersedia di platform tersebut di antaranya Amazon Lightsail, virtual private server yang menawarkan kebutuhan untuk membangun sebuah aplikasi maupun situs web; Amazon WorkDocs yang memiliki layanan kreasi konten, storage, dan kolaborasi yang aman dan dikelola secara penuh; serta Amazon Chime yaitu layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna bertatap muka, melakukan obrolan, hingga melakukan panggilan bisnis.

Pojok Usaha berjalan di atas layanan-layanan AWS, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), sebuah layanan web yang menghadirkan kapasitas komputasional yang aman dan bisa diskalakan ulang di cloud. Selain itu ada, Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengguna dalam mengatur, mengoperasikan, dan melakukan penskalaan database relasional di cloud.

“Teknologi cloud tidak saja mendorong terlaksananya transformasi bisnis di perusahaan-perusahaan besar yang telah mapan. Lebih dari itu, mampu membuka peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi yang bergerak cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis mereka hingga ke kancah internasional,” ungkap Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top