Kolaborasi Rumah123 X REI Perkuat Ekosistem Developer Properti

marketeers article
Kolaborasi Rumah123 X REI (Foto: Rumah123)

Realestat Indonesia (REI) bersama Rumah123 tengah memperkuat kolaborasinya. Sebagai organisasi yang menjadi payung bagi para pengembang atau developer di industri properti Tanah Air, REI bersama Rumah123 sebagai marketplace properti membawa visi untuk memperkuat kualitas ekosistem industri.

Upaya ini dilakukan dengan menghadirkan pengalaman pelayanan dan pengembangan inovasi terkait produk properti untuk pengalaman konsumen Indonesia.

“Kami sangat antusias menyambut penguatan kolaborasi dengan Rumah123. Kami melihat Rumah123 bisa menjadi bagian dalam menumbuhkan industri properti, memberikan kontribusi, dan bagaimana mendorong pertumbuhan ini,” ujar Ketua Umum DPP REI Joko Suranto di Jakarta pada Jumat (17/5/2024).

Selain itu, Joko Suranto juga menilai bahwa kolaborasi bersama Rumah123 merupakan langkah strategis dalam menghadapi dinamika dan memaksimalkan peluang industri.

Tuturnya, properti merupakan sektor strategis padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja dan memiliki linkage bagi 185 industri terkait di sektor riil dan manufaktur.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi anggota-anggota REI, stakeholders terkait serta konsumen itu sendiri ke depannya,” tambah Joko.

BACA JUGA: Rumah123: Digital Presence dukung Keberlanjutan Bisnis Agen Properti

Wasudewan, CEO 99 Group Indonesia yang menaungi Rumah123 & 99.co menjelaskan, bahwa sebagai organisasi tertua dan terbesar yang menaungi berbagai developer properti nasional, kontribusi REI untuk industri properti Indonesia bukan sesuatu hal yang perlu dipertanyakan lagi, peranannya cukup besar.

“Penguatan kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mengakselerasi pertumbuhan developer anggota REI yang berperan strategis dalam menghadirkan produk-produk properti terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Wasudewan.

Wasudewan menjelaskan, secara keseluruhan saat ini, baik Rumah123 dan 99.co, setiap bulannya mendapatkan 16 juta pengunjung dan mendapatkan sekitar lebih dari 300.000 enquiries.

Dari segi kemitraan, Rumah123 telah bekerja sama dalam memasarkan 300 lebih proyek properti.

Platform ini juga terus menghadirkan beragam inovasi, mulai dari alat pencarian cerdas bagi konsumen yang semakin intuitif. Adapula ProperView yang menghadirkan 360 view project details untuk menyajikan keindahan proyek properti yang dipasarkan kepada konsumen.

ProperView memungkinkan tim pemasaran dari pihak developer berinteraksi langsung dan mempelajari lebih jauh kebutuhan konsumen. Platform ini juga diklaim dapat meningkatkan potensi penjualan hingga 300%.

Ratusan developer properti tersebut juga telah memercayakan Rumah123 sebagai partner pemasaran resmi melalui Official Developer.

Melalui laman “Properti Baru” di situs Rumah123, konsumen bisa mendapatkan pilihan properti dengan harga terbaik dan mendapatkan informasi langsung dari developer resmi dan terpercaya.

Bawa Aktivasi Below the line

Tak hanya menghadirkan eksposur di platform marketplace miliknya. Strategi komunikasi Rumah123 juga mengandalkan pendekatan below the line melalui berbagai event offline.

Rumah123 sering mengadakan pameran properti dan event yang melibatkan developer property. Bertajuk PropVaganza, program ini memberikan wadah bagi developer untuk memamerkan proyek mereka kepada konsumen maupun stakeholders terkait lainnya.

Pendekatan ini membuka peluang interaksi langsung, mendapatkan feedback bahkan potensi penjualan dari pasar.

“Ini adalah sebagian dari beragam dukungan kami terhadap mitra-mitra developer. Dalam jangka panjang, kami akan memperkuat pengalaman pelanggan properti bersama REI. Ada beberapa hal yang dilakukan Rumah123,” lanjut Wasudewan.

BACA JUGA: Tahun 2024, Kreasi Desain Properti akan Lebih Atraktif

Berbagai program penguatan yang dilakukan Rumah123, Pertama, perusahaan berusaha memastikan proyek-proyek yang dipasarkan oleh Rumah123 memiliki awareness atau branding yang berkelanjutan di benak konsumen.

Kedua, Rumah123 juga berusaha memperkuat suplai konsumen kepada developer yang tepat, berdasarkan preferensi kebutuhan setiap konsumen.

Ketiga, Rumah123 ingin memastikan developer mendapatkan Return of Investment yang terbaik. Bagaimana promosi yang dilakukan bisa menghasilkan output berkualitas mengingat setiap developer memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Misalnya, ada developer yang memiliki kebutuhan setiap minggunya menginginkan banyak calon pembeli yang melakukan site visit. Ada pula developer yang memiliki keterbatasan budget sehingga membutuhkan dukungan pemasaran dari Rumah123 dengan membantu tim inhouse atau agen yang diperbantukan oleh developer tersebut.

“Konsumen ketika datang ke Rumah123, mencari properti, akan kami bantu sampai site visit, untuk bisa menjadi booking. Nah, cycle ini yang kami perkuat, modelnya bergantung dengan kebutuhan masing-masing developer. Kami ingin memastikan pertumbuhan developer, baik kepada developer top tier, second-tier, third-tier dan seterusnya,” ungkapnya.

Dalam konteks kerja sama ini juga, Wasudewan ingin beberapa mitra Rumah123 dari sisi perbankan dan fintech yang ingin memberikan peluang dukungan pemberian dana konstruksi bisa diajak berkolaborasi dengan developer yang tepat.

“Penting untuk kami memastikan kolaborasi ini terjadi, supaya ekosistem ini diperkuat. Kami benar-benar bisa support bukan konsumen saja, tapi juga developer. Mereka bisa mendapatkan Return of Investment yang bagus,” tutup Wasudewan.

Related